Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pesiar Caledonian Singgahi Aceh

Kompas.com - 14/10/2013, 11:53 WIB
BANDA ACEH, KOMPAS.com - Turis mancanegara penumpang kapal pesiar Noble Caledonian singgah dan menikmati keindahan sejumlah obyek wisata di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Kapal pesiar dari Inggris tersebut tiba dan lego jangkar di perairan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, Minggu (13/10/2013). Kemudian, sebanyak 88 turis mancanegara diturunkan dengan speedboat ke Pelabuhan Ulee Lheue.

Kedatangan mereka disambut tarian Ranup Lampuan. Dari pelabuhan tersebut, turis dari Inggris dan Australia dibawa dengan menggunakan sejumlah bus ke beberapa obyek wisata di Kota Banda Aceh, di antaranya Museum Tsunami, Lapang Blangpadang.

Sebelum merapat ke Banda Aceh, kapal pesiar tersebut menyinggahi Lhokseumawe dan Sabang, Pulau Weh. Setelah dari Banda Aceh, kapal pesiar itu menuju Pulau Simeulue, Provinsi Aceh, di Samudra Hindia.

"Kami menyambut baik kunjungan turis mancanegara ini," kata Umar Machtub, koordinator tur wisatawan mancanegara kapal pesiar Noble Caledonian selama di Banda Aceh.

SERAMBI/M ANSHAR Penumpang kapal pesiar Calledonian Sky mengunjungi objek wisata PLTD Apung yang hanyut terbawa tsunami 2004 lalu di Gampong Punge Blangcut, Banda Aceh, Minggu (13/10/2013). Sebanyak 88 turis asal Australia dan Inggris tersebut menghabiskan waktu selama empat jam untuk mengunjungi sejumlah obyek wisata di Kota Banda Aceh sebelum melanjutkan pelayaran ke Pulau Simeulue (Aceh) dan Pulau Nias, Medan.
Umar Macthub yang juga Sekretaris Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (Asppi) Aceh tersebut mengatakan, dengan adanya kunjungan kapal pesiar tersebut menunjukkan bahwa Aceh makin diminati wisatawan mancanegara.

Oleh karena itu, dia mengajak para pelaku pariwisata di Aceh memanfaatkan kunjungan wisatawan tersebut dengan mempromosikan pariwisata di provinsi ujung barat Indonesia ini.

"Ke depan juga akan ada agenda kunjungan wisatawan kapal pesiar lainnya ke Aceh. Kami berharap ini bisa menjadi momentum mengembangkan pariwisata Aceh," tambah Umar Macthub.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com