Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompasianer Pamerkan Indonesia di Jerman

Kompas.com - 16/10/2013, 04:09 WIB
Roberto Januar

Penulis

Sumber Kompasiana
TUTTLINGEN, KOMPAS.com - Freddy (60), seorang warga negara Jerman, terlihat datang mengenakan baju batik pinjamannya. Bersama terompet kesayangannya, dia hadir secara sukarela untuk mengiringi warga negara Indonesia yang menyanyikan Indonesia Raya dalam pembukaan pameran budaya bertajuk "Indonesia, Surga Ribuan Pulau."

Pameran budaya Nusantara yang digelar di museum Seitingen-Oberflacht, kota Tuttlingen ini digagas oleh komunitas warga negara Indonesia yang tinggal di wilayah wilayah Baden-Württemberg dan sekitarnya. Dibuka secara resmi oleh walikota setempat pada Jumat (11/10/2013), museum kecil ini disesaki 150 orang yang tertarik mengenal Indonesia.

Saat pembukaan, panitia acara tak lupa menyajikan buffet berisi ragam kuliner khas Indonesia. Berbagai penganan seperti lemper, onde-onde, wingko babat, bakwan jagung, kacang atom, kacang Jakarta, bolu pandan, lapis legit, pisang goreng, hingga lumpia bisa dicicipi sepuasnya.

Foto-foto bertema keragaman budaya dan keindahan Indonesia menjadi koleksi utama. Foto-foto itu merupakan hasil kolaborasi anggota komunitas Kompasianer Hobi Jepret (KAMPRET).

Foto karya KAMPRET dikumpulkan dan dipilah oleh Gaganawati, Kompasianer yang bermukim di Tuttlingen, bersama kawan-kawannya di komunitas KAMPRET selama tiga bulan. Sekitar 150 bingkai foto tentang budaya dan pesona Indonesia ditampilkan selama acara.  

Untuk menyesuaikan dengan jadwal kunjungan museum, pameran ini dijadwalkan buka setiap hari Minggu pada 13, 20, dan 27 Oktober. Namun, pameran tetap bisa dikunjungi pada hari kerja jika ada permintaan dari sekolah-sekolah.

Pada Senin (14/10/2013), misalnya, siswa-siswi dari SD Seitingen-Oberflacht datang menikmati koleksi pameran. Rabu (16/10/2013) giliran anak-anak TK St Michael yang ramai-ramai berkenalan dengan budaya Nusantara.

Foto acara dan tulisan selengkapnya dapat dibaca di Kompasiana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kompasiana
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com