Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenparekraf Targetkan Transaksi Rp 22 Miliar

Kompas.com - 20/10/2013, 19:38 WIB
PADANG, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan transaksi Rp 22 miliar pada ajang Pasar Wisata Indonesia 2013 (Tourism Indonesia Mart and Expo/TIME) yang digelar di Padang, Sumatera Barat, 19-21 Oktober 2013.

"Untuk pergelaran TIME atau pasar wisata Indonesia 2013 ini kita menargetkan transaksi Rp 22 miliar," kata Wamenparekraf, Sapta Nirwandar di Padang, Sabtu (19/10/2013).

Menurut Sapta, target yang dicanangkan tersebut berdasarkan banyak pihak pembeli yang diundang dari 27 negara serta penawaran produk paket wisata dari tanah air yang beraneka ragam.

Sapta mengatakan, banyak pihak pembeli yang ikut berpartisipasi pada ajang tersebut, memperbesar peluang terjadinya peningkatan transaksi dibandingkan pada ajang sama di Lampung pada 2012.

"Pada TIME di Lampung, transaksi mencapai Rp 17 miliar dan hanya mendatangkan pihak pembeli sebanyak 60 perusahaan. Tahun ini banyak negara yang ikut berpartisipasi dan kemungkinan terjadi peningkatan transaksi," katanya.

Bagi Sumatera Barat sebagai kota peyelenggara, menurut Sapta, juga menjadi poin penting dalam peningkatan transaksi TIME. Selain kembali berkembang dalam segi pariwisata, Sumatera Barat juga sudah terkenal dengan event balap sepedanya, yakni Tour de Singkarak.

"Event balap sepeda Internasional Tour de Singkarak menjadikan daerah ini dikenal banyak negara, dan itu menjadi poin penting dalam promosi wisata daerah," katanya.

KOMPAS IMAGES/ANDREAN KRISTIANTO Wisatawan asing sedang asik melihat barang antik yang didagangkan di Jalan Surabaya, Jakarta Pusat, Jumat (8/2/2013). Pada tahun 2013 ini, pemerintah menargetkan sebanyak sembilan juta wisatawan asing berkunjung ke Indonesia.
Sapta mengatakan, 81 penjual paket wisata yang ikut dalam TIME 2013 juga menjadi kombinasi yang baik dalam penawaran berbagai produk paket wisata tanah air.

Selain itu pada TIME ini juga dilibatkan jurnalis wisata internasional yang nantinya seluruh karya tulisnya tentang Sumbar bisa menjadi sarana promosi wisata tanah air.

Sapta mengimbau, seluruh pihak penjual paket wisata, menawarkan produknya dengan sebaik mungkin, sehingga peningkatan transaksi pada TIME bisa meningkat setiap tahunnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com