Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Budaya Meriahkan Jakarta Marathon 2013

Kompas.com - 25/10/2013, 09:51 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran lomba lari marathon internasional ibu kota yakni Jakarta Marathon 2013 akan disemarakkan oleh pertunjukan seni budaya. Pertunjukan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini bertajuk Festival Budaya Jakarta Marathon 2013.

"Festival Budaya Jakarta Marathon 2013 digelar secara istimewa untuk merayakan kemeriahan Kota Jakarta sebagai Kota Metropolitan yang menjadi jantung titik temu pesona dan keindahan beragam latar budaya baik dari Nusantara maupun dari mancanegara," ujar Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Sylviana Murni dalam siaran pers, Kamis (24/10/2013).

Sylvia pun mengatakan, dengan digelarnya ajang internasional Jakarta Marathon, membuktikan bahwa Jakarta siap menjadi tuan rumah bagi para atlet maupun wisatawan mancanegara dan domestik.

Sementara Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga bertindak sebagai Ketua Pantia Jakarta Marathon 2013, Sapta Nirwandar mengatakan, rangkaian Festival Budaya Jakarta Marathon 2013 merupakan perhelatan yang dirancang untuk mempromosikan Jakarta sebagai destinasi pariwisata dan olahraga dunia.

"Perhelatan Festival Budaya ini akan memberikan nuansa keunikan tersendiri dalam Jakarta Marathon 2013 dan dapat dinikmati secara gratis untuk semua," ujar Sapta.

Festival Budaya Jakarta Marathon digelar pada Minggu (27/10/2013), menampilkan atraksi budaya dengan mengedepankan seni budaya Betawi. Beberapa gelaran seni seperti Marawis, Palang Pintu, Barongsai, Reog Ponorogo, Tari Topeng, Ondel-ondel, dan Teater Abang None.

Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan karnaval Jakarta serta penampilan musisi yang mengisi 17 panggung yang tersebar di sepanjang lintasan lari. Panggung utama berdiri di Monumen Nasional (Monas) sedangkan 17 panggung lainnya tersebar antara lain di depan Hotel Mandarin, tikungan Pusat Kebudayaan Italia, depan Plaza FestivalJalan Layang Kuningan Barat, Jalan Layang Patung Dirgantara (Patung Pancoran).

Kemudian halte bus SMESCO Pancoran Barat, halte bus Menara Jamsostek, halte bus Hotel Sultan, depan gerbang Basket Hall GBK Senayan, Taman Hang Tuah, depan Gedung PLN Bulungan, Taman Hang Tuah III, halte bus Kemdikbud Senayan, taman depan Menara BNI 46, samping EX Center dan depan lampu Burung Merak Monas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com