Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapkan Ini Sebelum Liburan

Kompas.com - 01/11/2013, 17:17 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com - Banyak wisatawan menganggap liburan adalah hal rumit. Baik itu menyangkut perjalanan, transportasi hingga perlengkapan bawaan. Padahal jika disiapkan dari jauh hari, perihal liburan bisa disiapkan seringkas mungkin.

Transportasi

Hal terpenting saat berlibur adalah transportasi. Menggunakan pesawat, kereta atau bus. Beruntung masa kini untuk memesan tiket pesawat dan kereta bisa dilakukan secara online melalui situs maskapai bersangkutan dan PT KAI.

Untuk pesawat, biasanya beberapa maskapai sering melakukan promo tiket murah. Sering-sering saja untuk membaca berita pariwisata menyangkut tiket murah atau kunjungi langsung situs maskapai bersangkutan.

Pilih Hari Perjalanan

Waktu terbaik untuk berlibur adalah bukan pada saat musim padat liburan. Waktu padat liburan orang Indonesia adalah saat libur sekolah, hari raya, serta libur akhir dan awal tahun.

KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Wisatawan di Pantai Pasir Putih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Minggu (5/5/2013). Kawasan yang hancur karena tsunami 2006, kini sudah pulih dan menjadi salah satu tujuan wisata di Jawa Barat.
Beberapa tempat wisata pun sudah pasti penuh pada masa itu. Membuat kenyamanan liburan terganggu.

Pesan Hotel

Selain tiket penerbangan, hal terpenting saat liburan adalah penginapan. Anda bisa memanfaatkan situs pemesanan kamar hotel yang belakangan semakin menjamur. Bahkan, beberapa situs menyediakan pemesanan kamar hotel di luar negeri.

Bagasi

Ingat saja untuk membawa perlengkapan seringkas mungkin. Jangan bawa pakaian terlalu banyak. Pilih-pilih saja pakaian sesuai tempat Anda berlibur. Pertimbangkan pula untuk tidak membawa alat mandi, karena jika Anda menginap di hotel berbintang, pihak hotel menyediakan handuk dan alat mandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com