Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panorama dan Insight Vacation Incar Turis Kelas Atas

Kompas.com - 11/11/2013, 16:32 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Panorama Tours melakukan kerja sama dengan agen perjalanan wisata asal Eropa, Insight Vacation. Dalam kerja sama yang dimulai 1 November 2013 tersebut menyediakan produk tur premium yang menyasar kepada wisatawan kelas atas.

"Produk mereka (Insight Vacation) adalah bukan mass product tetapi masuk ke market luxury, menyasar pada market atas," ujar Managing Director Travel Management Panorama Tours, Hellen Xu, di Jakarta, Senin (11/11/2013).

Hellen menjelaskan dalam kerja sama tur yang dilakukan bersama Insight Vacation memang diberikan dengan harga yang tidak murah, namun hal itu sebanding dengan pengalaman yang akan diperoleh tamu. Tur yang ditawarkan bukan merupakan perjalanan tur dalam grup besar, tetapi fokus kepada perjalanan individu atau dalam grup-grup kecil.

"Kami lebih menawarkan experience. Bagaimana merasakan sebagai orang lokal. Bagaimana mereka menggunakan bus, cruise atau mobil. Jadi benar-benar experience," kata Hellen.

Hal itu pun dipertegas oleh President/CEO Insight Vacation, John Boulding pada kesempatan yang sama, yaitu tamu akan merasakan privasi dalam liburan keliling Eropa. "Sekarang orang paling banyak mencari experience dalam perjalanan," kata John.

POS BELITUNG/EDHIE Rangkaian acara kedatangan wisatawan mancanegara yang menggunakan kapal Clipper Odyssey di Belitung, Bangka Belitung, Jumat (18/1/2013). Kapal berlabuh di dermaga Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung. Para wisatawan disambut Bupati Belitung, Darmansyah Husein kemudian mengunjungi rumah dinas bupati, rumah adat Belitung, serta pantai wisata Tanjung Tinggi dan Tanjung Kelayang. Sebelumnya, para wisatawan disuguhkan tarian tradisional Belitung berupa barongsai, kuda lumping, tari selamat datang, Buang Jong, dan tari Balitung.
Pada kesempatan yang sama, Direktur Panorama Tours, Royanto Handaya mengaku optimistis dengan kerja sama wisata yang dilakukan. Hal ini karena pada masa sekarang banyak masyarakat Indonesia terutama kelas menengah ke atas yang telah melirik perjalanan secara individu.

"Selera perjalanan sekarang sudah mulai berubah. Sudah mulai ada permintaan untuk mereka buat grup tur sendiri-sendiri," kata Roy.

Tur kerja sama Panorama dengan Insight Vacation, kata Hellen, rencananya akan menyasar 1.000 wisatawan dalam jangka waktu satu tahun, yakni pada tahun 2014. "Target 1.000 orang untuk pergi tahun 2014. Walau kita sudah jual sekarang tapi untuk perjalanan tahun 2014," tambah Hellen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com