Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monaco, Si Kecil yang Kaya Raya! - 2

Kompas.com - 13/11/2013, 12:34 WIB
Dalam tulisan sebelumnya, Dini Kusmana Massabuau dan suaminya asyik berjalan-jalan di Kota Monaco. Mereka terkejut saat satu rombongan turis melewatinya dengan bahasa pengantar menggunakan bahasa Indonesia. Spontan Dini teriak kepada suaminya, "Ada Rombongan Indonesia...! Rombongan Indonesia...!". Berikut lanjutan tulisan Dini.

***

KOMPAS.com - Benar saja, mereka rombongan wisatawan dari Indonesia yang sedang berlibur dengan menggunakan tour travel ke beberapa negara, salah satunya Monaco. Karena waktu mereka terbatas dengan jadwal kunjungan ke tempat wisata, kami tak sempat ngobrol banyak. Saya cuma bisa menitipkan kartu nama, jaga-jaga siapa tahu suatu saat mereka ingin mengenal kota Montpellier tempat kami tinggal, pintu rumah kami selalu terbuka.

Setelah berjalan, akhirnya berhadapan dengan istana Monaco! Sebuah istana yang membuat saya membaca kembali kisah sejarah Monaco. Bercerita mengenai Monaco, berarti kembali ke abad 13, di mana saat itu koloni Genoa yang dipimpin oleh Fulco del Cassello, meletakkan batu pertamanya untuk fondasi sebuah benteng pertahanan di atas sebuah bukit yang saat ini digunakan sebagai istana pangeran.

Istana yang pada awalnya adalah benteng pertahanan ini telah melewati banyak saksi sejarah perjuangan dalam menghadapi bombardir musuh. Sejak akhir abad ke 13 telah menjadi tempat tinggal keturunan Grimaldi yang saat itu menjadi tuan tanah dan memegang kekuasaan sebagai pangeran setempat.

Selama kurun waktu abad ke 19 hingga awal abad 20 istana yang memiliki gaya ‘Renaissance Italia’ ini menjadi simbol kemewahan, apalagi istana yang berada di atas bukit daerah Côte d’Azur, dimana para bangsawan dan jutawan berlibur, semakin membuat istana dan penghuninya menjadi lambang glamour...

DINI KUSMANA MASSABUAU Gedung pengadilan di kota tua Monaco.
Kemewahan itu, semakin terlihat ketika Pangeran Reiner menikahi bintang film terkenal Grace Kelly, yang mana lewat dirinya menunjukkan kehidupan kesehariannya dalam istana mewah.

Sudah bisa dibayangkan, Istana Monaco tidak bisa didatangi oleh umum. Hanya dari sisi luarnya kami dibolehkan mengambil gambar secara bebas. Di sekeliling istana, terdapat juga bangunan pemerintahan yang tentunya dijaga pula oleh prajurit kerajaan.

Setelah puas mengabadikan gambar bangunan kerajaan, kami pun mulai melanjutkan perjalanan dengan memasuki kota tua Monaco. Warna warni, tembok bangunan membuat kota mungil itu semakin enak untuk dinikmati.

Layaknya kota wisata, restoran berjejer dengan terasnya menawarkan berbagai macam hidangan. Soal harga bervariasi. Mahal sekali? Tidak juga, namanya kota turis.

Di sinilah saya baru terasa jika Monaco memang negara kecil. Kaki ini hanya kurang dari 1 jam sudah mengitari kota tuanya. Padahal entah berapa kali saya berhenti untuk mengambil gambar dan keluar masuk butik.

Karena menyibak kota utama sudah kami lakukan, kami kembali menuju tempat parkir untuk mengambil mobil menuju Monte Carlo, di mana kasino terkenal berada di sana. Di tempat parkir, kami tertawa geli karena mobil kami berada di antara mobil mewah, yaitu Porsche, Maserati dan sebelahnya adalah Lamborgini.

DINI KUSMANA MASSABUAU Monte Carlo padat dengan mobil mewah.
Setelah kami perhatikan, kami jadi semakin tertawa karena bukan hanya deretan parkir mobil kami saja yang terdapat mobil mewah, ternyata hampir satu parkir isinya mobil luks semua. Wow!!

Monte Carlo adalah salah satu bagian dari Monaco. Di Monte Carlo inilah pusat administrasi pemerintahan berada. "Bau uang ya?" kata suami saya saat mulai mencari parkir di daerah ini.

Memang terlihat benar kehidupan jet set di daerah ini. Bagaimana tidak, sepanjang jalanan parkir, lagi-lagi, mobil lux. Pokoknya saya baru kali ini lihat sebuah kota kurcaci, istilahnya, tapi isinya mobil-mobil besar nan mewah. Para sopir berjejer rapi menunggu majikannya. Butik-butik merk terkenal juga menjadi tontonan mata. Mengertilah saya, jika Si Akang kurang suka he-he-he...

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com