Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramon Disambut Ritual Masuk Rumah Betang

Kompas.com - 13/11/2013, 14:41 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah budaya di Kalimantan, Rumah Betang dikisahkan tim Kompas TV dalam tayangan program "100 Hari Keliling Indonesia" episode ke-10. Rumah Betang yang disinggahi adalah kediaman Suku Dayak Iban di sekitar Sungai Utik, Kalimantan Barat.

"Di situ ada rumah adat, Rumah Betang. Rumah itu panjang banget yang dihuni oleh beberapa puluh keluarga. Masuk ke sana (rumah Betang) ada sambutan ritual," kata salah satu tim 100 Hari Keliling Indonesia, Ignatius Dimas Yulianto, dalam sambungan telepon, Rabu (13/11/2013).

Dimas menjelaskan, selain adanya ritual, sebelum masuk ke dalam rumah Betang juga ada aturannya yaitu mendahulukan orang yang dianggap dituakan. Menurut Dimas, pelaksanaan ritual bertujuan agar kunjungan tamu akan mendatangkan rezeki melimpah bagi penghuni rumah.

Sebagaimana halnya ritual, pasti ada sajian yang disertakan. Dimas mengatakan, ritual memasuki Rumah Betang menyajikan pulut. Pulut ia mengibaratkan berbentuk seperti popcorn.

"Pulut ditaruh di tangga-tangga rumah. Ada yang menarik saat ritual. Pulut tadi harus dilempar-lemparkan. Jadi Ramon melempar ke produser kita. Itu artinya kaya kita menularkan berkah bagi sekitar," jelas Dimas.

Setelah melempar pulut, tim disambut dengan tuak selamat datang. Tuak yang disajikan harus diminum oleh semua tamu. "Kalau menolak minum tuak itu artinya tidak menghargai," kata Dimas.

KOMPAS/A HANDOKO Masyarakat subsuku Dayak Desa tinggal di Rumah Betang Ensaid Panjang, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Selasa (20/8/2013). Wisatawan bisa mengunjungi dan tinggal di rumah komunal itu sambil mengikuti aktivitas sehari-hari masyarakat.
Selanjutnya, puncak acara ritual memasuki rumah, yaitu dengan menyembelih ayam. Darah ayam yang disembelih, lanjut Dimas, disentuhkan kepada tamu. Hal ini menjadi tanda bahwa tamu telah diterima di Rumah Betang.

Cerita perjalanan tim "100 Hari Keliling Indonesia" memasuki Rumah Betang di Kalimantan Barat akan ditayangkan di Kompas TV, Rabu (13/11/2013) jam 20.00. Sedangkan seberapa kisah  perjalanan tim pernah dimuat di travel.kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com