Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stefan Rafael, Manusia Plastik dari Tanah Komodo

Kompas.com - 19/11/2013, 11:58 WIB
SORE yang hangat di Pantai Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur, Stefan Rafael (44) mengenakan pakaian selam, kacamata, dan alat pernapasan. Ia berenang ke tengah laut, mengawal rakit yang membawa dua bongkah pemberat pelampung atau ”mooring buoy”. Sesaat kemudian, pantai berair jernih itu punya tempat baru untuk ”parkir” perahu.

Rakit itu ditarik oleh perahu nelayan bermesin tempel. Stefan berenang di belakang rakit seolah mendorongnya. Setelah menemukan lokasi yang tepat, mesin perahu dimatikan. Dua orang di atas rakit bersiap mencemplungkan bongkahan berbentuk kotak dan silinder seberat masing-masing 250 kilogram itu.

Keesokan harinya, Stefan menjelaskan, bongkahan itu tersusun atas sampah yang mereka kumpulkan di sekitar pantai ataupun yang ”disumbangkan” masyarakat. Komponen utama menggunakan kulkas dan tong bekas. Ruang di dalamnya diisi dengan sampah plastik, pecahan kaca, dan kaleng.

Sampah-sampah itu dicampur dengan semen sehingga kulkas dan tong bekas menjadi padat. Pada sisi luar kulkas dan tong ”ditanamkan” ban bekas, biasanya ban-ban bekas mobil. Setengah lingkaran ban itu berfungsi sebagai pengait tambang, juga penahan bongkahan agar tidak bergeser. Biasanya Stefan menanam tiga hingga empat ban pada sebuah bongkahan.

Bongkahan itu terhubung dengan pelampung bulat berwarna jingga melalui tali tambang di permukaan laut. Pada pelampung itu ada simpul tali untuk mengikat tali tambang perahu yang parkir.

”Jadi, fungsi bongkahan yang dibenamkan itu menggantikan peran jangkar,” kata Stefan.

Pelampung itu membatasi wilayah pantai yang boleh dimasuki perahu, terutama perahu besar berbobot di atas 30 ton. Lokasi sekitar pelampung itu merupakan tempat parkir bagi perahu. Nelayan sekitar pun bisa mendapat tambahan uang dari pelampung yang dipakai parkir perahu.

Mooring buoy hasil rekayasa Stefan itu merupakan penyempurnaan dari penambat pelampung yang dibuat oleh pemerintah. Sebelumnya, penambat itu dibuat dari tong plastik baru dan penahannya terbuat dari besi tajam, biasanya linggis.

Oleh karena banyak memakai bahan baru, penambat itu sering dicuri orang. Selain itu, linggis yang dipakai untuk menahan penambat agar tidak bergeser justru merusak terumbu karang.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Sejumlah kapal berlabuh di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, Senin (4/6/2012). Dari sinilah para wisatawan menuju sejumlah pulau yang menjadi habitat alami satwa endemik komodo, seperti Pulau Rinca, Pulau Komodo, Nusa Kode, dan Gili Motang.
Stefan menyebut penambat pelampung buatannya ramah terhadap terumbu karang. Menurut dia, semen adalah medium yang bagus untuk tempat hidup terumbu karang. Ikan bisa hidup di antara terumbu karang ini. Selain itu, lobster dan tiram biasanya bersembunyi di sisi dalam ban bekas.

Rangkaian penambat pelampung itu juga dilengkapi dengan dahan pohon palem beserta daunnya. Dahan itu diikatkan pada kedalaman sekitar 3 meter dari permukaan air. Susunan daun pada dahan itu, menurut Stefan, menjadi tempat berkumpulnya ikan kecil.

”Nelayan bisa memancing di sekitarnya. Kebetulan saya juga hobi memancing,” kata pria kelahiran Ruteng, Nusa Tenggara Timur, ini.

Dihidupi alam

Stefan bercerita, dia sedang menjalankan jargon 3R, reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali), dan recycle (mendaur ulang) yang kerap didengungkan dalam hal pengelolaan sampah. Ia mendirikan Komodo Plasticman Institute sejak lima tahun lalu, bersama beberapa pemuda Labuan Bajo yang sama-sama bergerak pada bisnis jasa wisata.

Ide mengumpulkan sampah muncul saat Stefan dan kawan-kawan bersantai di beranda Hotel Paradise, di samping rumah Stefan. Setelah menikmati musik dan minuman yang menghangatkan tubuh, ia mencetuskan ide untuk turun langsung ke pantai memunguti sampah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com