Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SGB Learning Centre, "Kawah Pendidikan" Samali Hotels

Kompas.com - 19/11/2013, 16:52 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Pelayanan kepada tamu hotel ternyata tak sembarangan. Ada standar-standar tertentu yang diterapkan agar tamu betah tinggal di hotel atau mungkin akan kembali lagi.

Hal inilah yang diterapkan oleh Samali Hotels & Resorts, yaitu dengan menyamakan standar pelayanan kepada tamu pada semua hotel di bawah naungannya, yaitu Ammi, Allium, Arum dan Asoka.

"Kami menyamakan mindset para karyawan tentang pelayanan hotel. Karena bagi kami, kami sebagai host atau tuan rumah, maka harus menyambut tamu yang datang ke rumah," ujar Corporate Training Manager Samali Hotels & Resorts, Linda Hadityo.

Menurut Linda, demi terciptanya kesatuan pelayanan kepada tamu tersebut, Samali Hotels memiliki tempat khusus untuk pelatihan karyawannya, yaitu Saligading Bersama (SGB) Learning Centre.

Di tempat pelatihan yang berlokasi di Cilember, Bogor ini para karyawan Samali Hotels ditatar sebelum terjun langsung melayani para tamu.

"Pengembangan SDM yang pertama kali kita lakukan adalah dengan merekrut warga setempat. Mereka awalnya sama sekali zero, tidak tahu tentang hospitality di hotel. Dengan proses pembelajaran, akhirnya mereka tahu melayani tamu," ujar Linda.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Jogging Track Saligading Bersama Learning Centre di Cilember, Bogor
Selain untuk pelatihan karyawan Samali Hotels, Linda mengatakan, SGB Learning Center juga terbuka untuk publik. Tentunya bagi tamu ingin melaksanakan pelatihan. "Kami (SGB) juga memfasilitasi event learning, meeting dan rakor perusahaan," kata Linda.

Sesuai dengan namanya, yaitu Learning Centre, memang tempat ini ditujukan untuk memfasilitasi korporasi, komunitas, maupun individu yang membutuhkan tempat untuk ajang pelatihan.

Sebagai tempat pelatihan, SGB dilengkapi kelas-kelas pelatihan. Ada empat kelas yang dinamai dengan nama gunung yang mengelilingi Kota Bogor. Sedangkan jika pelatihan membutuhkan jasa inap, tersedia 27 kamar tidur dengan pilihan bisa ditempati 2 dan 4 orang, kolam renang, restoran, lobi, lapangan, dan jogging track.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com