Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alternatif Wisata ke Filipina Pasca Topan Haiyan

Kompas.com - 19/11/2013, 18:03 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Topan Haiyan yang menerjang Filipina Jumat (8/11/2013), berdampak pada menurunnya kunjungan wisatawan ke negara tersebut.

"Sangat berdampak (badai topan) tentunya dengan penurunan wisatawan ke negara Filipina," kata Vice President Leisure Travel Management Panorama Tours & Travel, Alex Djunisap, kepada travel.kompas.com, Jumat (15/11/2013) lalu.

Padahal, lanjut Alex, Filipina memiliki cukup banyak obyek wisata menarik. "Obyek wisata yang paling banyak ditawarkan adalah wisata pantai, di mana banyak daerah pesisir maupun pulau-pulau yang masih asri dan sangat menarik untuk dikunjungi," kata Alex.

Sedangkan Public Relations Smailing Tour, Wisnu Wardana mengatakan, beberapa tempat favorit wisatawan tidak terkena dampak topan Haiyan. Tempat ini pun menjadi alternatif jika wisatawan berniat untuk berkunjung.

"Manila dan Tagaytay. Bagian utara Filipina aman (dari terjangan topan Haiyan)," kata Wisnu.

Sementara Dinas Pariwisata Filipina melalui siaran persnya mengatakan, tempat-tempat tujuan utama wisata sangat aman dikunjungi. Mereka pun sangat memantau pergerakan wisata yang terjadi di Filipina.

Siaran pers Dinas Pariwisata Filipina menyebutkan, Filipina menyediakan sebagian besar produk wisata yang dicari wisatawan, seperti pantai, wisata sejarah, wisata kuliner, situs warisan dunia, pusat perbelanjaan serta keaneka ragaman hayati dan budaya. Tempat tujuan wisata utama telah dapat diakses dengan mudah seperti Visayas, Iloilo, Puerto Princesa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com