Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Referensi Liburan Menyaksikan Warisan Dunia

Kompas.com - 20/11/2013, 13:27 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com - Banyak tempat cantik atau benda-benda unik yang menjadi warisan dunia atau kerap disebut "world heritage". Warisan tersebut tersebar di seluruh penjuru negara. Namanya saja warisan, pastilah hal itu mencerminkan budaya yang turun-temurun serta harus dijaga kelestariannya.

Sementara Indonesia, juga tak ketinggalan memiliki banyak benda maupun tempat yang diakui sebagai warisan dunia, misalnya Wayang. Seperti dilansir oleh National Geographic, lima hal di bawah ini adalah warisan dunia yang bisa menjadi referensi tujuan liburan Anda.

Pertunjukkan Wayang, Indonesia

Kedap-kedip lampu dan lantunan kisah dalang kadang menimbulkan kekuatan mistik. Namun justru itulah pesona yang ditampilkan dari menonton wayang. Wayang atau dalam bahasa Indonesia berarti bayangan adalah boneka yang terbuat dari kayu maupun kulit yang merupakan warisan budaya kebanggaan Indonesia.

Memainkan wayang yakni diiringi dengan musik gamelan. Alur cerita yang dibawakan membawa kisah dari India dan Persia dengan menyisipkan pesan moral, pesan politik, sindiran sosial, hingga cerita masyarakat pedesaan.

Sydney Opera House, Australia

Bangunan berbentuk kubah besar seperti cangkang kerang, menjadi bangunan ikonik yang dimiliki kota. Bangunan ini dirancang oleh arsitek Denmark, Jørn Utzon.

Pada masa debut pembukaannya tahun 1973, Opera House adalah pusat seni tersibuk dan terhidup di dunia. Lebih dari 1750 pertunjukan digelar dalam setahun dan mampu menarik jutaan pengunjung.

Colosseum di Italia

Colosseum merupakan peninggalan kekaisaran Romawi yang merupakan tempat pertempuran para Gladiator. Pada masanya, Ia adalah stadion terbesar di tengah kota Roma yang mampu mengakomodasi sekitar 50.000 penonton.

SHUTTERSTOCK Colosseum di Roma.
Bangunan yang menjadi simbol kebesaran Roma kuno ini pembuatannya diprakarsai oleh Kaisar Vespasianus dan selesai pada 80 Masehi di bawah pemerintahan putranya, Kaisar Titus.

Hawaii Volcanoes National Park, Hawaii

Menurut mitologi Hawaii, kaldera Halema'uma'u dari Kilauea adalah rumah api dari Pele, dewi kebakaran, angin dan petir. Pada taman bumi seluas 333.000 hektar tersebut adalah tempat terhangat bagi keluarga berkumpul bersama. Pemandangan gunung berapi, hutan hujan tropis dan lansekap gersang menambah keasrian.

Taman Nasional Göreme dan Situs Batu Cappadocia , Turki

Göreme adalah daerah bebatuan vulkanis terkikis yang membentuk bagian fantastis. Berbentuk menara tinggi dengan kerucut tajam memiliki atap batu seperti topi. Beberapa pemandangan mencolok yang ada adalah gereja-gereja terbuat dari batu hingga gua sedimen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com