Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musi Triboatton, Upaya Menarik Wisman ke Sumsel

Kompas.com - 23/11/2013, 21:27 WIB
PALEMBANG, KOMPAS.com - Dirjen Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Esthy Reko Astuti mengatakan, pelaksanaan Musi Triboatton sebagai upaya dalam menarik wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia, khususnya Sumatera Selatan.

Pasalnya, Kemenparekraf pada 2013 menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 8,5 juta orang. Hal itu disampaikan Esthy kepada wartawan usai penutupan Musi Triboatton di Palembang, Jumat (22/11/2013) malam.

Dengan adanya kegiatan olahraga yang menyelusuri Sungai Musi sepanjang 500 kilometer itu maka wisatawan akan semakin tertarik berkunjung ke daerah ini. "Apalagi perairan Sungai Musi cukup menantang sehingga kegiatan tersebut sangat mendukung dalam meningkatkan kunjungan wisatawan terutama dari luar negeri," katanya.

Selain itu, menurut Esthy, kegiatan Musi Triboatton yang diikuti 10 peserta di antaranya ada dari luar negeri seperti Malaysia dan Irlandia. "Yang jelas sekarang ini wisata air cukup diminati peserta dari luar negeri, karena iklimnya masih alami," katanya.

Sehubungan itu Kemenparekraf melaksanakan olahraga Triboatton di Sungai Musi Sumsel yang telah berjalan sukses baik prestasi maupun penyelenggaraan.

Wakil Gubenur Sumsel Ishak Mekki mengatakan, pelaksanaan Musi Triboatton melalaui kabupaten Empat Lawang, Musirawas, Musi Banyuasin, Banyuasin, dan Palembang. "Setiap daerah yang dilalui ditampilkan kebudayaan dan kegiatan khas yang ada di Sumsel," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com