Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buton Masuk Destinasi Wisata Nasional

Kompas.com - 24/11/2013, 08:59 WIB
PASARWAJO, KOMPAS.com - Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini telah masuk menjadi salah satu destinasi wisata nasional dan menjadi tujuan wisata dunia. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Buton, Zainuddin Napa di Pasarwajo, Sabtu (23/11/2013), mengatakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memasukkan Buton dalam daftar destinasi wisata nasional mulai tahun 2013.

"Oleh karena Buton sudah masuk sebagai sebagai salah satu destinasi wisata nasional, maka mulai tahun 2013 pengembangan pariwisata Buton sudah ditangani langsung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI," katanya.

Bupati Buton Syamsu Abdul Umar Samiun sudah menggandeng artis nasional, Chaca Frederica, untuk mempromosikan berbagai obyek wisata dan kebudayaan Buton di tingkat nasional.

"Artis nasional itu saat ini tengah mempersiapkan pembuatan film bertema kebudayaan Buton dengan lokasi pengambilan gambar di beberapa obyek wisata Kabupaten Buton, termasuk di dalam Benteng Keraton Buton di Kota Baubau," katanya.

Rencananya, lanjut Zainuddin, film bertema kebudayaan Buton yang pemerannya sebagian diambil dari putra-putri Buton itu selesai diproduksi, akan ditayangkan di salah satu stasiun televisi nasional.

"Kita harapkan, melalui film bertema kebudayaan Buton bisa terangkat ke permukaan dan menarik perhatian masyarakat Indonesia maupun masyarakat dunia," katanya.

Zainuddin menambahkan, pada 30 November 2013 tarian tradisional Buton akan mengisi acara malam pagelaran Seni Budaya pada Pameran Produksi Ekonomi Kreatif di Jakarta yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com