Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kegiatan Politik Tak Pengaruhi Kunjungan Wisatawan

Kompas.com - 11/12/2013, 14:03 WIB
BANJARMASIN, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kalimantan Selatan, Mohandas mengatakan, kegiatan politik di Tanah Air tak akan mempengaruhi kunjungan wisatawan ke provinsi tersebut.

"Saya kira, kegiatan perpolitikan yang makin meningkat menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum tahun 2014, tak akan mempengaruhi kunjungan wisatawan ke daerah kita," katanya usai rapat paripurna DPRD Kalsel, di Bajarmasin, Senin (9/12/2013).

"Pasalnya perpolitikan tak ada kaitan dengan kepariwisataan. Politik ya politik dan wisata ya wisata, kedua sektor tersebut jalan sesuai bidang masing-masing," katanya.

Namun mantan Kepala Dinas Pendidikan Kalsel itu berharap, provinsi yang terdiri 13 kabupaten/kota dan kini berpenduduk mencapai 3,6 juta jiwa tersebut tetap dalam keadaan kondusif, walau suhu politik meningkat.

"Sebagaimana pemilu-pemilu sebelumnya, Kalsel tetap dalam keadaan kondusif, sehingga memberi daya tarik wisatawan tersendiri, untuk berkunjung, baik untuk melihat obyek-obyek wisata maupun situasi dan kondisi perpolitikan di daerah kita," tuturnya.

KOMPAS/DEFRI WERDIONO Kapal Pesiar Caledonian Sky asal Inggris yang membawa 106 wisatawan yang berasal dari beberapa negara tengah bersandar di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (4/4/2013). Para wisatawan melihat sejumlah obyek wisata, salah satunya Pasar Apung Lokbaintan. Ini adalah kali pertama kapal pesiar bersandar di pelabuhan yang berada di alur Sungai Barito tersebut.
"Mungkin sesuatu yang tergolong langka yang bisa menarik perhatian wisatawan, dalam suhu politik yang makin meningkat, tapi daerah tetap dalam keadaan kondusif, sehingga dapat pula menjadi sasaran atau obyek studi bidang perpolitikan," tambah Mohandas.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kalsel, Dyan Pramono Effendi mengungkapkan berdasarkan data, tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang pada Oktober 2013 sebesar 56,80 persen atau turun 1,85 poin dibandingkan September 2013. Namun dibandingkan tahun 2012, maka TPK hotel berbintang di Kalsel pada Oktober 2013 mengalami peningkatan sebesar 1,74 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com