Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Damai Surga di Tanah Pokhara, Nepal

Kompas.com - 11/12/2013, 17:28 WIB
NEPAL merupakan negeri yang indah dengan alam dan budayanya. Namun, satu kota yang membuat saya jatuh hati dengan ketenangan adalah Pokhara. Bentangan pegunungan dan ketenangan kotanya membuat saya sungguh menikmati damai surga dunia tempat ini.

Tempat yang berada di sudut barat laut lembah Pokhara ini memiliki bentangan gunung yang indah. Disinilah biasanya beberapa pendaki gunung dunia memulai petualangannya untuk melihat gugusan Himalaya secara intim.

Untuk sampai ke kota ini, Anda bisa menggunakan jalur udara atau jalur darat. Jalur udara ditempuh dengan waktu sekitar 35 menit saja dari Tribhuvan Internationall Airport, Kathmandu. Sedangkan apabila Anda yang memiliki banyak waktu untuk menikmati keindahan perjalanan melalui jalur darat, Anda bisa menggunakan bus atau mobil sewaan yang membutuhkan waktu tempuh sekitar 6-7 jam.

SWESTIKA PRASETYO World Peace Pagoda di Nepal.
Pokhara, merupakan salah satu destinasi populer untuk para turis yang berkunjung ke Nepal setelah Kathmandu. Banyak beragam tempat wisata yang bisa dikunjungi di tempat ini seperti Phewa Lake, danau yang letaknya berada di utara lembah Pokhara menjadi pusat distrik kota Pokhara.

Phewa Lake  merupakan danau terbesar kedua yang ada di Nepal. Sambil menyewa perahu, apabila Anda beruntung akan melihat gugusan pegunungan Himalaya dari Phewa Lake seperti puncak Manchapuchre dan puncak gunung lain dari Annapurna.

Selain Phewa Lake ada juga World Peace Pagoda, yang menjadi lambang perdamaian dunia oleh pemerintah Jepang. Untuk sampai ke stupa ini, Anda harus menaiki beberapa anak tangga terlebih dahulu. Jangan khawatir, apabila Anda lelah anda dapat bersantai di beberapa warung sekitarnya.

SWESTIKA PRASETYO Imigran Tibet di Nepal.
Tempat terakhir yang wajib dikunjungi di Pokhara adalah Tashiling–Tibetan Refugee. Tempat singgah para imigran Tibet yang berada di Nepal ini menjadi tempat favorit saya di Pokhara. Kebetulan memang saya penggemar orang–orang Tibet.

Badan kecil mungil, kulit sawo matang, mata sipit ini ramah menjamu saya pertama kali menginjak tempat ini. Letaknya yang hanya 10 menit dari World Peace Pagoda, membuat Anda harus mampir ke sini. Selain melihat keunikan warganya, di sini anda juga bisa berbelanja barang–barang khas Tibet yang super antik.

SWESTIKA PRASETYO World Peace Pagoda di Nepal.
Pokhara yang penuh kedamaian membuat tiga malam saya disini penuh kesan. Tempat ini cocok untuk meditasi. Banyak beberapa gerai yang membuka kelas Yoga untuk umum. Alam bersatu dengan jiwa, damai menjauhkan diri dari segala energi negatif. Namaste Pokhara! (Swestika Prasetyo)

Detail cerita bisa dilihat di Explore a New Life by ThePrasstyo www.theprasstyo.wordpress.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com