Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Akhir Tahun, Yuk ke Makau

Kompas.com - 12/12/2013, 12:28 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir tahun menjadi waktu yang tepat mengunjungi Makau. Menurut PR & Communication Manager Macau Government Tourist Office Indonesia, Ningsih A. Chandra, setiap tanggal 20 Desember, Makau memperingati hari penyerahan kekuasaan dari Portugis ke China. Hingga kini, Makau menjadi ”special administrative region” (SAR) di bawah China.

"Tanggal 20 Desember selalu ada peringatan penyerahan Makau dari Portugis ke China," ujar Ningsih di sela-sela acara Christmas & Year End Dinner Reception Macau Government Tourist Office (MGTO) di Jakarta, Selasa (10/12/2013) malam.

Setelah peringatan 20 Desember, perayaan lain menyambut Natal dan Tahun Baru juga banyak diselenggarakan di beberapa sudut kota Makau. Ningsih mengatakan, pada saat itu, kota Makau akan menampilkan hiasan khas Natal dan Tahun Baru. Termasuk juga hotel-hotel yang menampilkan atraksi untuk menghibur tamu.

"Hotel di sana banyak bikin kegiatan macam-macam. Dekornya juga mewah-mewah. Pada malam tahun baru selalu ada kembang api. Biasanya di Macau Tower," kata Ningsih.

Dihimpun dari Macau Government Tourist Office (MGTO) inilah agenda penting sebagai referensi liburan akhir tahun di Makau. Pertama, 17-25 Desember 2013, Kota Makau merayakan kemeriahan Natal. Sudut kota banyak dihiasi pohon-pohon natal menjulang tinggi dengan kerlip lampu. Misa tengah malam Natal dilaksanakan di Katedral.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Kapal-kapal terlihat di sungai Kota Makau dengan latar belakang Kota Zhu Hai, China, Minggu (13/5/2012). Macau mengembangkan berbagai industri seperti tekstil, elektronik dan mainan, serta menciptakan industri pariwisata kelas dunia dengan pilihan luas untuk hotel, resor, fasilitas olahraga, restoran dan kasino.
Selanjutnya, 20 Desember 2013 merupakan perayaan 14 Tahun penyerahan Makau dari Portugis ke rakyat daratan China. Pada saat ini, banyak kemeriahan ditampilkan masyarakat dengan berpusat di Lotus Square dan Markas People's Liberation Army. Pada hari yang sama, juga diselenggarakan parade kota bertajuk "The Rhythm of Life".

Parade memamerkan boneka raksasa yang mewakili anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua. Parade akan dimulai dari St. Paul dengan berakhir di Tap Seac Square. Setelah kemeriahan Natal dan pawai, sejak tanggal 1 hingga 31 Desember 2013 juga diselenggarakan Macau Shopping Festival 2013 di seluruh pusat perbelanjaan di Makau. Menjelang pergantian tahun 2014 juga akan diadakan perayaan pesta kembang api. Salah satu pusat perayaan ada di Macau Tower.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com