Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjelajahi Istana Lumpur di Ouarzazat

Kompas.com - 12/12/2013, 14:24 WIB
KOMPAS.com - Maroko, walaupun letaknya berada di Benua Afrika. Alamnya tak jauh berbeda dengan wilayah Asia yang subur, hijau dan terdapat pengairan di mana-mana. Sehingga tak jarang pelancong dari mancanegara tercengang melihat kesuburan tanah Maroko yang dipenuhi dengan pepohonan dan penghijauan di segenap wilayah.

Berbicara tentang Maroko maka pertama kali yang terlintas dalam benakku adalah bangunan-bangunan kunonya yang masih berdiri kokoh dan benteng-bentengnya yang masih terjaga rapi hingga sekarang. Yang terahir adalah keeksotisannya. Yah, Maroko terkenal dengan negara eksotis. Jika Anda ingin berwisata ke Maroko, maka jangan lewatkan untuk menjelajahi daerah kawasan selatan Maroko.

Berwisata ke destinasi Selatan Maroko memang menyenangkan. Biasanya para pelancong memulai perjalanannya dari kota Marrakech atau yang terkenal dengan kota Merah. Dari situ banyak sekali jasa travel yang siap membawa Anda menuju kota wisata kawasan selatan Maroko. Tepatnya di Sahara, Ouarzazat dan kota-kota indah dan mungil lainnya.

Tetapi jika Anda ingin melihat keajaiban istana lumpur maka datanglah ke Ouarzazat. Ternyata di Ouarzazat banyak sekali obyek wisata yang sarat dengan nilai sejarah dan kaya arsitektur.

Tidak hanya itu, keindahan alamnya juga memukau karena banyak pepohonan rindang dan air sejuk yang mengalir dari pegunungan menjadikan kota sebelah timur selatan Marrakech  ini sebagai kota yang tenang.

Sesuai arti namanya, Ouarzazat dalam bahasa Berber berarti "tanpa suara" atau "tanpa kebingungan". Meski kota ini terbilang kecil karena penduduknya tidak lebih dari 100.000 jiwa namun demikan Ouarzazat bisa dianggap sebagai kota besar di Sahara Maroko.

Di kota ini kita bisa melihat lebih dekat keindahan rumah khas tradisional Maroko selatan yang terbuat dari lumpur dan dipagari dinding yang terbuat dari bahan yang sama. Ketika melewati lorong-lorong istana tersebut spontan pikiran kita dibawa terbang, seolah kita sedang hidup pada zaman dahulu di mana belum ada semen dan pasir.

Bukan hanya itu, kita juga bisa bermain petak umpet di dalamnya. Ketika berada di atas istana kita akan menemukan pemandangan yang sangat menakjubkan. Di sini biasanya para pelancong mengabadikan perjalanannya dengan menggunakan kamera setelah menjelajahi istana tersebut mulai dari bawah, samping hingga ke atas.

Kerumunan istana lumpur ini diberi nama Ait Ben Haddu. Di mana pada tahun 1987 istana lumpur yang berada di Kota Ourzazat ini mengundang Unesco untuk menjadikannya sebagai situs warisan dunia.

KUSNADI EL GHEZWA Istana Lumpur di Ouarzazat di Maroko.
Tidak banyak yang menetap di tempat ini. Hanya terlihat beberapa penjual pakaian tradisonal dan barang-barang unik khas Maroko. Para pelancong akan mendapatkan informasi mengenai bangunan istana tersebut dan informasi menarik lainnya seputar Maroko jika didampingi oleh pemandu wisata (guide). Biasanya setelah selesai mengantar perjalanan sang pemandu wisata meminta upah per kepala 20 dirham.

Selain suasana kotanya yang menarik, jika wisatawan mengambil jalur dari arah Marrakech, beberapa kilometer sebelum masuk kota akan dikenalkan dengan studio besar kebanggaan Ouarzazat dan tentunya Maroko. CLA Studio Ouarzazat, tempat beberapa film Hollywood diproduksi, di antaranya Gladiator, The Black Hawk Down, Kingdom of Heaven, Tea in The Sahara, Troy, Sahara, Alexander The Great, Hidalgo, dan Mummy I dan II. (Kusnadi El Ghezwa, Koordinator Media Informasi PPI Maroko dan Koordinator Lajnah Ta’lif wa Nasyr PCINU Maroko)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com