Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Era Digital Memudahkan Penjualan Paket Wisata

Kompas.com - 13/12/2013, 15:22 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Tim Pakar Ticketing Astindo yang juga CEO Air Wisata Tours and Travel, Riswana Bachtiar mengatakan, era digital dengan adanya internet semakin memudahkan promosi pariwisata, pun dengan penjualan paket wisata yang dilakukan oleh penyedia jasa perjalanan (travel agent).

Dalam Forum Dialog Pariwisata "Diskusi Wisata Bisnis Travel di Era Digital" yang diselenggarakan di RedTop Hotel, Jakarta, Kamis (12/12/2013), dia memaparkan beberapa dampak internet bagi pelaku penyedia jasa perjalanan.

Menurutnya, internet semakin memudahkan kegiatan operasional penyedia jasa perjalanan, juga dapat menekan biaya. "Internet membuat kemudahan dan semakin murahnya modal memulai kegiatan operasional," tutur Riswana.

Selanjutnya, kemudahan juga ditemukan pada pembayaran, yakni misalnya melalui anjungan tunai mandiri (ATM), kartu kredit, atau mobile banking. Melalui internet, juga mudah menciptakan jaringan dengan dengan lebih banyak orang.

"Mudah menciptakan network misalnya dengan buat blog. Kalau habis dari suatu tempat lalu ditulis pada blog lebih banyak orang yang baca," ujarnya.

Sedangkan dari sisi destinasi wisata, Riswana mengatakan, berkat internet banyak muncul tujuan wisata baru yang akhirnya penjualan paket wisata makin beragam. "Banyak tujuan wisata baru dan rute penerbangan baru membuat penjualan paket wisata makin beragam," ucapnya.

KOMPAS/HERU SRI KUMORO Pengunjung berburu paket liburan yang ditawarkan agen perjalanan dan tiket murah yang ditawarkan maskapai penerbangan pada pameran tour dan travel di Senayan City, Jakarta, Kamis (18/10/2012).
Banyaknya dampak positif dari internet dalam pariwisata, jelas Riswana, hal ini akan memacu kreatifitas pelaku penyedia jasa perjalanan dalam menarik konsumen. "Kemudahan penjualan travel agent akan membuat mereka harus inovatif mempertahankan market," katanya.

Serta yang tak kalah penting, tambah Riswana, adalah mengenai perang harga yang terjadi di antara para penyedia jasa perjalanan untuk membuat paket menarik. "Perang harga itu tidak bisa dihindari sekarang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com