Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wisata Rumah Dome Tawarkan Pesta Mangga

Kompas.com - 23/12/2013, 09:39 WIB
SLEMAN, KOMPAS.com - Desa Wisata Kompleks Rumah Dome Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, saat ini sedang musim panen mangga madu, sehingga pengunjung bisa menikmati buah mangga tersebut dengan harga murah dan menikmati pemandangan indah.

"Menyambut musim liburan akhir tahun ini, pengunjung Desa Wisata Rumah Dome di samping menikmati musim mangga madu, juga bisa menikmati berepa produk olahan yang jarang dijumpai di tempat lain," kata Ketua Pengelola Desa Wisata Rumah Dome Prambanan, Sulasmono, Minggu (22/12/2013).

Menurut dia, Desa Wisata Rumah Dome menempati lahan seluas 2,8 hektare dengan 81 bangunan rumah Dome. Dari 81 rumah dome tersebut 72 diantaranya merupakan rumah tinggal masyarakat korban gempa bumi 2006 dan sisanya merupakan mushola, aula, poskesdes dan enam unit MCK.

"Desa Wisata Rumah Dome juga menyediakan fasilitas dan berbagai menu dan makanan olahan. Fasilitas tersebut seperti outbound dan tracking yang selama ini sering digunakan dan dimanfaatkan dari luar daerah sembari menikmati pemandangan indah. Selain itu juga tersedia homestay untuk menginap," katanya.

Sulasmono mengatakan, untuk beberapa suvenir dan makanan olahan warga desa wisata Rumah dome antara lain produk kaus dengan harga Rp 35.000 berciri khas Rumah Dome, gantungan kunci, taplak meja, replika Rumah Dome dengan harga yang terjangkau.

"Produk makanan olahan warga Rumah Dome antara lain pati garut dengan harga Rp 13.000 hingga Rp 15.000 per kemasan. Emping garut mentah dan emping garut matang, pengunjung atau wisatawan tinggal pilih. Masih banyak makanan olahan lainnya seperti bronis ketela, kripik bayam, kripik pisang, singkong tae," katanya.

Khusus singkong tae, lanjut Sulasmono, selama ini belum diproduksi massal, hanya kalau ada pesanan saja. "Bagi yang penasaran dengan singkong tae datang saja ke desa wisata Rumah Dome Prambanan. Selain itu, juga terdapat stik bonggol pisang. Untuk stik bonggol pisang tidak sembarang bonggol pisang namun hanya bonggol pisang klutuk, kepok dan utri atau awak," katanya.

Selain makanan olahan, masih ada menu minuman yaitu wedang udak sere, wedang jahe dan wedang secang. Yang menarik di desa wisata Rumah Dome pengunjung bisa mendapatkan intep (kerak nasi) asli.

"Intep ini asli dari hasil nasi liwetan bukan intep yang khusus dibuat. Untuk rasa jelas jauh lebih enak, gurih dan nikmat. Intep liwetan bisa didapat dengan berbagai kemasan, baik yang masih mentah maupun yang sudah masak atau digoreng," tambah Sulasmono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com