Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gluhwein, Kombinasi Wine dan Rempah-rempah

Kompas.com - 23/12/2013, 17:02 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Hotel JW Marriott Jakarta menawarkan minuman Natal paling khas bernama Glühwein. Terkenal juga sebagai Mulled-Wine atau Glow Wine. "Kami mencoba memperkenalkan minuman yang tenar di kalangan orang Eropa ini kepada masyarakat Indonesia,” kata Paul Gert, Director of Food and Beverage Hotel JW Marriott Jakarta, Jumat (20/12/2013) lalu.

Menurut Paul, anggur merah, kayu manis, lemon, cengkeh, adas dan gula merupakan bahan utama pembuatan minuman eksotis ini. Rempah-rempah dicampur dengan sedikit air dan dimasak terlebih dahulu untuk mengeluarkan aromanya. Selanjutnya anggur merah atau yang biasa disebut red wine dituangkan ke dalam cairan rempah yang sudah matang tersebut.

"Campuran keduanya dihangatkan dalam suhu sedang sehingga kandungan alkohol dalam wine tidak menguap seluruhnya. Untuk mencicipi minuman ini, Anda tidak menggunakan gelas wine seperti biasa, melainkan menggunakan cangkir layaknya kopi, mengingat penyajiannya dihidangkan panas dan dicicipi sedikit demi sedikit dengan menggunakan sendok teh," ujar Paul.

Berasal dari daratan Eropa, Glühwein merupakan salah satu minuman khas Jerman dan Austria yang juga terkenal di negara lain dengan nama yang berbeda. Di Perancis misalnya, minuman dengan warna kecokelatan yang nikmat diminum saat keadaan dingin disebut dengan Vin Chaud, kemudian di Inggris dikenal dengan sebutan Mulled Wine, dan di Italia disebut dengan Vin Brule. "Rasa hangat, manis dan lembut dari minuman beralkohol ini layak Anda coba selama musim liburan Natal dan Tahun Baru," katanya.

Glühwein bisa Anda nikmati di JW Marriott Hotel Jakarta selama bulan Desember di semua outlet, yakni di Sailendra Restaurant, Pearl Chinese Restaurant, Asuka Japanese Restaurant dan Blu Martini dengan harga Rp 120.000++ per gelas. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com