Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Promosi Pariwisata Sasar Turis Jerman

Kompas.com - 26/12/2013, 10:21 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebijakan promosi pariwisata nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) salah satunya menyasar negara Jerman. Bersama beberapa negara lain, Jerman termasuk dalam prioritas promosi ke negara pasar pariwisata. "Kebijakan pengembangan pariwisata 2014. Promosi segi pasar RRT mencakup China, Taiwan, Hongkong, lalu Jepang, Korea Selatan dan Jerman," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu dalam jumpa pers akhir tahun 2013 di Gedung Sapta Pesona, Selasa (24/12/2013).

Mari menilai, dengan dibukanya kembali penerbangan langsung dari Jakarta ke Frankfurt oleh Lufthansa pada 2014 mendatang, menjadi salah satu nilai tambah sendiri medatangkan wisatawan manancanegara (wisman) dari Jerman maupun dari Eropa. "Pada tahun depan, Lufthansa membuka kembali penerbangan ke Jakarta," ucapnya.

Sedangkan di Asia, promosi pariwisata difokuskan pada Republik Rakyat Tiongkok (RRT). "RRT kita harus capai 2 juta kunjungan dua arah paling lambat 2015," kata Mari.

Untuk memperkuat promosi wisata ke RRT, Mari menjelaskan, dibuat informasi pariwisata Indonesia dalam bentuk situs berbahasa Mandarin, juga iklan wisata berbasis internet. Seperti dipaparkan dalam jumpa pers, kunjungan wisman ke Indonesia, turut menyumbang devisa negara. Pada tahun 2013, tercatat total penerimaan devisa dari wisman sebesar 9,87 miliar dollar AS atau tumbuh 8,17 persen dari tahun 2012 sebesar 9,12 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com