Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menparekraf: 2013, Tahun Gemilang untuk MICE

Kompas.com - 26/12/2013, 18:54 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu memandang tahun 2013 sebagai tahun gemilang industri MICE (Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition). Sepanjang tahun ini banyak digelar acara berskala internasional. Seperti APEC, UN-WTO dan Miss World yang diselenggarakan di Bali.

"Tahun ini adalah the year of MICE dengan adanya APEC, Miss World dan UN-WTO," ujar Mari saat jumpa pers akhir tahun di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (24/12/2013).

Sedangkan pada tahun 2014, Mari mengatakan, tidak ada pertemuan skala besar internasional seperti pada 2013. Namun akan didominasi pertemuan-pertemuan dalam negeri skala menengah. "Tahun depan tidak ada pertemuan yang besar sekali tapi kita terus meningkatkan yang menengah, juga yang dari dalam negeri," ucap Mari.

Meski demikian, Menpaarekraf yakin MICE akan terus berkembang pada tahun mendatang. Apalagi, di tahun 2014 bertepatan dengan Pemilu. Kemungkinan banyak hotel yang akan digunakan untuk mengadakan pertemuan terkait Pemilu. "Bisnis MICE akan meningkat karena banyak orang meeting menggunakan hotel dari bintang 5 sampai ke pelosok-pelosok," jelas Mari.

Hal serupa dikatakan oleh Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) Yanti Sukamdani yang mengatakan banyak pertemuan terkait Pemilu yang akan diselenggarakan pada tahun 2014. "Bisa meeting dari partai politik, pemerintahan sendiri, swasta dan sebagainya," kata Yanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com