Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menparekraf Buka Toraja International Festival 2013

Kompas.com - 29/12/2013, 14:07 WIB
KETE KESU, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu membuka Toraja Internasional Festival di Kete Kesu, Kabupaten Tanah Toraja, Sulawesi Selatan. "Ini sebagai awal yang bagus mengangkat Toraja ke mata dunia. Festival ini pertama diselenggarakan dan akan menjadi kalender tahunan di Toraja," kata Mari saat membuka Toraja International Festival, Sabtu (28/12/2013) malam.

Menparekraf menyebutkan, tahun 2014 akan diselenggarakan lagi festival internasional sejenis untuk menjadikan Toraja sebagai tempat pergelaran budaya dan seni berkelas internasional. Selain itu ada tujuh negara yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

"Ada tujuh negara yang ikut dalam festival ini seperti Zimbabwe, Kanada, Perancis, Kazaktan, Italia, Senegal, Amerika dan Indonesia. Rencana pada Juni 2014 akan dilaksanakan kegiatan serupa," paparnya.

Menurut Mari, kegiatan festival bertujuan mengangkat kembali nama Toraja di mata dunia yang sebelumnya sudah terkenal dengan keindahan alam, kekayaan warisan budaya, adat, dan kuliner. "Kebersamaan kita dan masyarakat mendukung acara ini. Semoga kita terus menjalin kedamaian dan masyarakat mendukung acara ini," katanya.

Toraja International Festival 2013 rencananya akan dilanjutkan di Bumi Perkemahan Bukit Ge'tengan, Kota Makale, Sulawesi Selatan pada World Music Camp Festival, pada tanggal 29-30 Desember 2013.

Beberapa musik khas Indonesia, seperti kolintang asal Sulawesi Utara, rebana Betawi Jakarta, saleum dari Aceh juga ditampilkan di World Camp Music Festival itu. Tari-tarian khas Toraja seperti Manimbong dan Tari Kecak dari Bali juga akan ditampilkan.

ARSIP KEMENPAREKRAF Tarian Toraja
Di Toraja International Festival 2013 juga akan diadakan workshop fotografi, seminar budaya dan workshop seni cukil Toraja, workshop tari pagelu dan musik pompang dari Toraja, dan demo pembuatan Toraja Melo atau Tenun Toraja.

Pada kesempatan itu Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, bersama Menparekraf Mari Elka Pangestu, Wamenparekraf Sapta Nirwandar, Bupati Toraja Utara memukul gendang secara simbolis dalam pembukaan Toraja Internasional Festival. Sejumlah pengunjung, turis asing dan masyakat lokal terhibur dalam acara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com