Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2013, 21:31 WIB
JAKARTA, KOMPAS — Wisata alam menjadi tempat wisata favorit pada musim liburan akhir tahun, Selasa (31/12/2013) hingga awal tahun 2014 mulai Rabu (1/1/2014). Beberapa obyek wisata alam diprediksi mengalami lonjakan pengunjung.

Candi Gedong Songo, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, misalnya, mengalami lonjakan pengunjung hingga 10 kali lipat. Dalam sehari, jumlah pengunjung di obyek wisata ini lebih dari 2.000 orang per hari. Padahal, pada hari biasa, jumlah kunjungan hanya 200-230 orang per hari.

”Pengunjung obyek wisata ini tidak hanya dari Jawa Tengah, tetapi juga dari luar Jawa Tengah, bahkan dari luar Pulau Jawa. Bahkan, yang berasal dari Jakarta mencapai 40-50 persen,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Obyek Wisata Candi Gedong Songo Rudy Bhayangkara, Sabtu (28/12/2013) lalu.

Sejumlah pengunjung mengaku senang dengan nuansa alam yang sejuk dan keindahan pemandangan di kompleks Candi Gedong Songo. ”Di sini segar dan bisa menyegarkan pikiran dari segala rutinitas sehari-hari,” kata Sudarjo (57), pengunjung asal Yogyakarta, yang datang bersama istri dan dua anaknya.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Kawah Ratu Gunung Tangkubanparahu, Bandung, Jawa Barat, Kamis (26/01/2012).
Di Jawa Barat, obyek wisata alam yang juga mengalami lonjakan pengunjung adalah kawasan Lembang, Bandung Barat, dan Subang. Selain taman bermain dan hutan alam, ribuan pengunjung juga memadati obyek wisata seperti Tangkubanparahu dan taman wisata pemandian air panas alami Sari Ater.

Seperti halnya kawasan Bogor, wilayah Bandung Barat dan Subang yang berupa dataran tinggi menjadi favorit karena menawarkan panorama alam pegunungan. Dua obyek wisata yang pengunjungnya meningkat sejak liburan panjang, termasuk Natal, dan diprediksikan terus meningkat hingga perayaan Tahun Baru adalah Tangkubanparahu dan taman wisata pemandian air panas alami Sari Ater.

Koordinator Bagian Tiket Obyek Wisata Tangkubanparahu Ahdiyat Hidayat, Minggu (29/12/2013), menyebutkan, sejak liburan dimulai, jumlah pengunjung wisatawan nusantara dan mancanegara meningkat lebih dari 100 persen. Jika pada hari biasa wisatawan nusantara 2.000-3.000 orang, pada masa liburan jumlahnya menjadi 7.000-9.000 orang. Begitu juga dengan wisatawan mancanegara yang kebanyakan dari Malaysia, terjadi peningkatan dari 500 orang pada hari biasa menjadi 1.500 orang.

KOMPAS/EMANUEL EDI SAPUTRA Seorang anak bermain sepeda bersama orangutan didampingi keeper di Kebun Binatang Surabaya, Jawa Timur, Kamis (5/12/2013).
Ahdiyat memperkirakan, jumlah pengunjung akan terus meningkat dan puncaknya akan terjadi para perayaan Tahun Baru nanti. Sebanyak 15.000-20.000 wisatawan diperkirakan datang ke Tangkubanparahu.

Sementara di Surabaya, Jawa Timur, wisatawan membanjiri Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya. Diperkirakan pengunjung memuncak pada 1 Januari 2014 hingga mencapai 60.000 orang. Menurut Agus Supangkat dari Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya, jumlah itu meningkat dibandingkan dengan 1 Januari 2013, yakni 47.038 orang. (W Megandika M, Ismail Zakaria, dan F Pati Herin)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com