Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramon Menonton Pernikahan Warga di TV Kabel

Kompas.com - 08/01/2014, 15:41 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com - Dalam tayangan 100 Hari Keliling Indonesia (100 HKI) Kompas TV hari Rabu (8/1/2014), tim yang dipandu oleh Ramon Y Tungka berada di Majene, Sulawesi Barat. Dengan ditemani oleh kawan bernama Ridwan, tim dibawa menuju ke salah satu toko peralatan elektronik yang ada di Majene.

"Masih di Majene, Ridwan mengajak tim 100 HKI melihat keunikan lain dari kota ini. Ridwan mengenalkan tim dengan pak Sidiq, pemilik toko peralatan elektronik," kata anggota tim 100 HKI, Tanti Malasari.

Dia mengatakan, di Polewali Mandar, Pak Sidiq adalah penggagas TV kabel berjaringan. TV kabel bernama Duta Vision, memberi layanan tayangan TV menggunakan kabel sebagai media pendistribusian siaran ke rumah warga.

"Selain sebagai media distribusi siaran, Duta Vision juga berfungsi sebagai tv komunitas. Kegiatan masyarakat yang sifatnya umum seperti MTQ, 17-an juga direkam dan disiarkan gratis," papar Tanti.

Dia menambahkan, salah satu kanalnya digunakan untuk siaran lokal desa, kecamatan atau pribadi. "Acara hajatan warga misalnya, kebetulan sehari sebelum saya dan tim datang, ada upacara pernikahan tradisional Mandar yang diliput oleh Duta Vision," katanya.

dok. Kompas TV Pemandu Acara 100 Hari Keliling Indonesia, Ramon Y Tungka menonton pernikahan warga melalui televisi kabel di Majene, Sulawesi Barat
Tim 100 HKI pun tidak ingin ketinggalan menyaksikan dokumentasi pernikahan warga yang ditayangkan Duta Vision. Penayangan dilakukan pada jam 15.00 dengan menonton bersama warga.

Sebelumnya tim 100 HKI mengawali perjalanan dari Jakarta kemudian menuju Pulau Sumatera, dan Kalimantan baru kemudian menyeberang ke Sulawesi. Sepanjang perjalanan, tak hanya menyajikan panorama Indonesia namun juga sisi lain kehidupan masyarakat mulai dari budaya, masalah lingkungan sampai problematika transportasi.

Dalam melakukan misi keliling Indonesia tersebut tim tidak menggunakan penerbangan komersial. Tetapi menggunakan jalur darat, laut dan penerbangan perintis. Beberapa kisah yang dialami oleh tim pernah ditayangkan rubrik Travel di Kompas.com. Sedangkan penayangannya setiap hari Rabu jam 20.00 WIB di Kompas TV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com