Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Traveling" Saat Musim Hujan? Bisa!

Kompas.com - 15/01/2014, 12:46 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Pelesiran di musim hujan? Jangan menghalangi niat Anda untuk berwisata walau cuaca seakan tak mendukung. Cukup cermati beberapa hal sehingga saat berwisata tetap menyenangkan.

Kenali destinasi yang akan Anda tuju. Jika destinasi wisata Anda merupakan negara tropis, maka sudah dipastikan di akhir tahun adalah musim hujan. Ketahui musim hujan di destinasi wisata yang Anda tuju.

Alternatif tempat wisata. Jika Anda pelesir saat musim hujan, jangan sampai Anda terjebak di hotel seharian karena hujan. Buatlah rencana tempat-tempat wisata yang bisa Anda kunjungi bila hujan turun. Termasuk akses yang aman menuju tempat tersebut. Museum misalnya bisa menjadi pilihan. Transportasi seperti taksi tentu lebih baik saat hujan.

Ramalan cuaca. Cari tahu ramalan cuaca di destinasi wisata. Bagaimana prediksi cuaca hari tersebut. Jika diperkirakan hujan lebat dengan angin kencang, ada baiknya Anda berada di hotel saja atau di dalam suatu ruangan.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Kunjungan wisatawan mancanegara di Museum Nasional, Jakarta, Jumat (4/10/2013). Beberapa waktu lalu, museum tersebut kehilangan empat artefak berlapis emas yang merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-10 Masehi.
Daerah banjir. Penting juga untuk memastikan apakah destinasi wisata yang Anda tuju merupakan daerah rawan banjir. Jika ya, maka berhati-hatilah. Jangan nekat menerobos banjir walaupun bisa Anda lalui dengan jalan kaki. Bisa-bisa malah Anda sakit.

Bawa payung dan jas hujan. Tak ada salahnya Anda membawa jas hujan dan payung kecil yang muat di dalam tas. Lebih baik membawanya daripada Anda kehujanan di jalan.

Jaga stamina. Biasanya saat pelesiran, waktu tidur untuk beristirahat malah kurang. Sebisa mungkin Anda tetap tidur 6-8 jam sehari. Jaga stamina dengan terus makan terutama aneka buah-buahan. Jangan lewatkan sarapan. Bila perlu, Anda bisa minum vitamin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com