Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciam Si, Ramalan Bambu Khas Tionghoa

Kompas.com - 26/01/2014, 20:24 WIB
KOMPAS.com - Kletek... kletek... kletek... Bunyi bilah sumpit beradu dalam wadah bambu. Ada nada lembut yang menghipnotis dari bilah-bilah sumpit ini. Apalagi jika wadah bambu dikocok dengan gerakan mantap, konsisten, dan tak tergesa-gesa.

Inilah Ciam Si, sebuah tradisi khas Tionghoa. Ciam Si digunakan sebagai sarana meramal berdasarkan syair-syair kuno. Sangat menarik untuk mencoba Ciam Si. Siapa tahu Anda bisa mengetahui peruntungan Anda di tahun ini.

Batang-batang bambu menyerupai sumpit namun dengan permukaan lebar telah diberi nomor di salah satu permukaannya. Sumpit-sumpit bernomor ini kemudian diletakan dalam sebuah wadah bambu.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Seorang pengunjung tengah mengocok bambu Ciam Si, ramalan khas Tionghoa di tempat ibadah ”Taman Bunga Teratai Dewi Kuan Yin” yang berada di Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka.
Sebelum mengocok, berdoalah terlebih dahulu. Lalu kocoklah dengan tenang. Kocok terus hingga ada batang bambu yang keluar dari wadah dan terjatuh ke lantai. Nah, batang bambu inilah ramalannya.

Lihat nomor yang tertera di batang bambu yang terjatuh. Lalu cocokan nomor dengan kertas ramalan yang tersedia. Isi kertas tersebut adalah syair dalam tulisan kanji. Namun biasanya dilengkapi dengan terjemahan dalam Bahasa Indonesia.

Di dalamnya akan tertera ramalan mengenai hidup Anda. Mulai dari keuangan, pekerjaan, keluarga, kesehatan, bisnis, asmara, dan sebagainya.

Tertarik mencobanya? Coba saja berkunjung ke kelenteng. Tentu saja, jangan langsung mencoba sendiri Ciam Si ini. Cari terlebih dahulu pengurus kelenteng dan mintalah izin sebelum menggunakan Ciam Si.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com