Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis China dan Rusia Paling Royal di Dunia

Kompas.com - 29/01/2014, 17:34 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com — Rusia dan China menjadi salah satu penyumbang terbesar di dunia dalam hal jumlah pengeluaran yang dilakukan wisatawan saat melakukan perjalanan ke luar negeri. China pada tahun 2012 menjadi pasar wisatawan yang paling banyak melakukan perjalanan ke luar negeri dengan jumlah pengeluaran sebesar 102 miliar dollar AS.

Pengeluaran yang dilakukan wisatawan China mengalami peningkatan sebesar 28 persen pada caturwulan pertama tahun 2013. Sementara itu, Rusia berada di peringkat kelima sebagai jumlah pengeluaran wisatawan terbanyak di dunia yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Namun, Rusia dilaporkan mengalami peningkatan pesat sebesar 26 persen sampai September tahun 2013 dibanding periode yang sama pada tahun 2012.

Data tersebut diungkapkan dalam siaran pers yang dikeluarkan United Nation World Tourism Organization (UNWTO) pada Senin (20/1/2014). Sementara itu, beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Australia dilaporkan mengalami peningkatan sebesar 3 persen.

Sedangkan Perancis, yang mengalami kemunduran pada tahun 2012 dibanding tahun sebelumnya, menunjukkan peningkatan sebesar 6 persen pada tahun 2013. Sebaliknya, Jerman, Jepang, dan Italia mengalami penurunan dalam jumlah pengeluaran wisatawan yang melakukan perjalanan ke luar negeri.

Getty Images/AFP Turis China di depan Istana Buckingham di London, Inggris.
Menariknya, beberapa pasar yang berkembang dan menunjukkan peningkatan pesat dalam hal jumlah pengeluaran wisatawan yang melakukan perjalanan ke luar negeri di antaranya wisatawan asal Indonesia. Peningkatan jumlah pengeluaran wisatawan Indonesia mencapai 15 persen di tahun 2013.

Sementara negara lainnya, seperti Qatar dan Filipina, mencapai 18 persen. Turki mengalami peningkatan 24 persen, sedangkan Ukraina sebesar 15 persen dan Brasil mencapai 14 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com