Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Uang Apa Saja yang Dibawa Saat Liburan?

Kompas.com - 04/02/2014, 17:03 WIB
Fira Abdurachman

Penulis

KOMPAS.com - Bagaimana cara membawa uang yang banyak saat di perjalanan? Masalah juga ternyata. Belum lagi memikirkan harga tukar uangnya kalau ke luar negeri. Terutama lagi keamanannya. Dari berbagai jenis uang, pastikan memilih yang cocok dan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

Setidaknya, ada 4 macam uang yang bisa dibawa saat di perjalanan.

1. Uang Tunai. Jenis uang ini adalah jenis yang paling simpel penghitungannya. Penggunaannya juga paling ramah saat di perjalanan dalam artian ekonomis. "Nggak kena biaya-biaya tambahan, kurs lebih murah, bisa dipakai di mana saja kita mau," kata Tejasari, konsultan keuangan.

Hal yang harus diwaspadai adalah keamanannya karena rentan dengan aksi kriminal misalnya copet, perampokan dan penukaran uang palsu. Bisa juga lupa menyimpan atau terjatuh. Tejasari menyarankan bila membawa uang tunai jangan berlebihan. "Belanja sesuai bujet, nggak berlebihan," ujarnya.

2. ATM. Jenis uang ini jelas lebih mudah dan ringan membawanya. ATM juga sangat membantu bila membutuhkan transaksi keuangan seperti transfer atau pengiriman uang.

Bila menggunakan ATM di luar negeri harus memperhitungkan nilai kurs yang biasanya lebih mahal dan tambahan biaya tarik tunai. "Ada minimal pengambilan uang juga," kata Tejasari kepada Kompas.com di Jakarta.

Selain itu pastikan di tempat tujuan terdapat mesin ATM dan memiliki kerja sama dengan bank asal ATM. Masih ada beberapa tempat dalam negeri atau negara tertentu yang sangat minim ATM, misalnya pedalaman pulau Kalimantan atau negara Myanmar.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Mesin ATM di luar negeri.

3. Kartu Kredit. Terlihat simpel memang tapi jangan pernah lupa memperhitungkan harga nilai kursnya yang sangat mahal, pembayaran saat jatuh tempo, dan terhitung sebagai utang. Penggunaannya juga tidak bisa di sembarang tempat dan tidak semua negara ramah dengan kartu kredit, terutama asal Indonesia. Tejasari mengungkapkan, "Nggak semua tempat bisa bayar pake kartu kredit. Apalagi kalau mau beli pernak pernik pinggir jalan".

Kartu kredit cocok sebagai jenis uang cadangan yang dipakai saat mendesak. Bila tidak, sebaiknya tidak dipergunakan.

4. Treveler cheque atau cek perjalanan. Nyaman untuk dibawa bepergian karena bentuknya simpel. Dicairkan juga bisa sesuai kebutuhan tapi perhitungkan waktu operasional bank. Jangan sampai membutuhkan uang saat bank tutup, saat malam hari atau hari libur misalnya. Pastikan juga bank di tempat tujuan, apalagi di luar negeri, memiliki kerja sama dengan bank yang mengeluarkan cek. Cek perjalanan cocok untuk perjalanan yang panjang, lebih dari 7-10 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com