Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyelam di Surga Laut Raja Ampat

Kompas.com - 05/02/2014, 10:15 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim 100 Hari Keliling Indonesia (100 HKI) Kompas TV sempat menyambangi salah satu surga bumi Papua, Raja Ampat. Raja Ampat terkenal memiliki taman laut sangat cantik. Berada di "surga laut" Raja Ampat, tim yang dipandu oleh Ramon Y Tungka itu pun tak menyia-nyiakan waktu untuk menyelam.

"Hari pertama di Raja Ampat kita menikmati keindahan taman lautnya. Kita diving di Manta Point. Di sana kita berenang dengan ikan pari manta," ujar anggota HKI, Ignatius Dimas Yulianto.

Dari Waisai, tempat tim menginap, butuh waktu sekitar 40 menit menuju Manta Point dengan menggunakan kapal kecil. "Lumayan lama, tapi dijamin nggak bakal bosan. Karena di sepanjang perjalanan kita disuguhi pemandangan yang menurut saya tiada duanya," kata Dimas.

Tak perlu menunggu lama di Manta Point, hingga akhirnya ikan pari manta menampakkan ekornya di depan tim yang sedang menyelam. "Seakan di panggung terbuka kita pun menunggu sang primadona datang," ucapnya.

ARSIP KOMPAS TV Berenang bersama ikan pari manta di perairan Raja Ampat, Papua.
Dari Manta Point mereka langsung beralih menuju ke titik selam berikutnya di Blue Magic. Di sini merupakan rumah bagi "schooling fish" atau kumpulan ikan yang berenang dalam jumlah yang sangat banyak. "Ramon juga melihat ikan wobbegong, ikan yang masuk dalam spesies hiu atau sering disebut hiu karpet," kata Dimas.

Mengikuti kisah tim 100 HKI menyelam di Raja Ampat merupakan keseruan sendiri. Cerita ini akan lebih diulas dalam penayangan program 100 HKI di Kompas TV setiap Rabu pukul 20.00 WIB. Sedangkan kumpulan kisah lain perjalanan tim terangkum dalam rubrik travel Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com