Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kambing Gorengnya Nendang, Empal Gorengnya Unik

Kompas.com - 14/02/2014, 08:37 WIB
KOMPAS.com - Wisata Kuliner makan kali ini saya diajak Pak Chopi, salah seorang teman yang lahir di Jakarta. Informasi dari Pak Chopi tempat makan yang akan kami datangi adalah warung betawi yang sudah puluhan tahun berjualan.

Namanya Warung Nasi Uduk dan Nasi Ulam Ibu Yoyo. Menurut Pak Chopi lokasi berjualan Ibu Yoyo ini sudah beberapa kali pindah tempat, dan saat ini berlokasi di Karet Pedurenan, Gg. Dogol RT 04 RW 04, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan. Pak Chopi sudah menjadi pelanggan warung ini dari sejak kecil, sudah sekitar 30 tahun yang lalu.

Dan seingat Pak Chopi dulunya juga bernama Warung Akip, tetapi sekarang berganti nama Ibu Yoyo. Kami datang sekitar pukul 12.15 dan memang tempatnya masuk gang kecil dan tempatnya sangat sederhana, bahkan cara memasaknya masih dipertahankan dengan menggunakan kayu bakar.

ARSIP DOYANKULINER.COM Gorengan empal.
Tentu yang spesial di sini adalah nasi uduk dan nasi ulam, tetapi karena kami agak terlalu siang maka nasi ulamnya sudah habis. Jadi kami pesan nasi uduk dengan lauk semur tahu, empal goreng, dan kambing goreng. Kami berdua pesan menu yang sama.

Nasi uduknya memang wangi, porsinya juga lumayan banyak, dan kita diberi kerupuk sebagai pelengkap nasi uduk. Empal gorengnya juga unik lho, daging cincang yang sudah diberi bumbu lalu digulung dan diikat kuat dengan tali bambu. Jadi kalau mau pesan akan dipotong-potong dan dimakan dengan sambal khas betawi. Dagingnya empuk, gurih dan ditambah sambal, rasanya nikmat banget.

ARSIP DOYANKULINER.COM Semur tahu
Sedangkan menu kambing goreng ini bisa disebut sop kambing, tetapi di sini dinamai kambing goreng. Kuahnya lezat, gurih dan Anda bisa pesan pilihan isinya mau jeroan atau daging saja. Kalau saya suka isi daging saja, sedangkan Pak Chopi pesan dengan isi campur. Daging empuk dan tidak bahu kambing lho, pokoknya nendang. Menu ini Anda harus coba.

Untuk info harga, nasi uduk Rp 5.000, nasi ulam Rp 5.000, daging kambing goreng Rp 7.000, empal goreng Rp 12.000, dan semur tahu Rp 2.000. Makan siang hari ini saya puas sekali. Bahkan saya sampai pesan empal goreng untuk dibawa pulang. Jadi kalau yang suka mencari penjual nasi uduk yang tulen ya datang saja ke rumah makan Betawi Ibu Yoyo ini. (Frans)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com