Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Candi Prambanan Mulai Dibersihkan

Kompas.com - 17/02/2014, 17:06 WIB
SLEMAN, KOMPAS.com - Sebanyak 200 orang juru pelihara candi mulai membersihkan bagian-bagian Candi Prambanan, Senin (17/2/2014). Pembersihan dibagi menjadi dua tim, yakni tim yang membersihkan di pelataran candi dan dan bagian dalam.

Pada bagian luar petugas membersihkan pelataran dengan menyemprotkan air dari tangki. Sementara petugas di bagian dalam, membersihkan relief candi menggunakan alat khusus.

"Pembersihan candi tidak bisa gegabah harus memperhatikan standard operasional khusus," kata Wahyu Astuti, Kasi Perlindungan, Pengembangan dan Pemanfaatan BPCB Yogyakarta.

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta, memperkirakan pemeliharaan Candi Prambanan dimungkinkan memakan waktu sekitar 2 bulan. Hal tersebut karena kesulitan dalam hal pembersihan relief, memerlukan kehati-hatian serta ketelitian. Selain itu di candi pusat tersebut terdapat 16 candi besar yang memerlukan perawatan.

Dalam masa tersebut pengunjung tidak diperbolehkan memasuki area dalam candi. Wisatawan hanya diperbolehkan melihat dari luar pagar.

Wahyu menambahkan wisata Candi Prambanan belum bisa dibuka untuk umum, setidaknya sampai dua bulan ke depan. "Kita masih lihat situasi. Kalau pembersihannya bisa lebih cepat, maka segera kami buka," ujarnya. (Tribun Jogja/Padhang Pranoto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com