Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Sumut Canangkan Tahun Kunjungan Wisata Samosir

Kompas.com - 02/03/2014, 16:08 WIB
MEDAN, KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho mencanangkan Tahun Kunjungan Wisata Samosir 2014-2015. "Pencanangan Tahun Kunjungan Wisata Samosir dinilai sebagai momen yang tepat pada puncak Perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Samosir ke-10," katanya di Pangururan, Samosir, Jumat (28/2/2014).

Pencanangan Tahun Kunjungan Wisata Samosir tersebut ditandai dengan penekanan sirene dan atraksi menjatuhkan tabung berisi tulisan "Terberkatilah Samosir Negeri Indah Kepingan Surga" dari Gunung Pusuk Buhit dengan moda  paramotor.

Menurut Gatot, pencanangan diharapkan menjadi momentum kebangkitan pariwisata Samosir.

Gubernur mengingatkan, ada dua kunci sukses untuk menarik wisatawan datang ke Danau Toba dan obyek wisata lainnya di Samosir yaitu pembangunan infrastruktur sosial budaya dan infrastruktur kepariwisataan. Infrastruktur budaya menentukan kepuasan wisatawan.

Konsep budaya  Batak "Dalian Natolu", katanya, sebenarnya bisa dijadikan modal sosial dalam meningkatkan pelayanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba. "Semua wisatawan harus dipandang sebagai hula-hula, dan masyarakat sebagai boru sehingga kita harus hormati, sayangi dan berikan pelayanan terbaik," ujarnya.

Untuk pengembangan infrastruktur kepariwisataan, Gubernur Sumut meyakinkan bahwa Danau Toba akan ditetapkan menjadi Kawasan Strategis Nasional.

KOMPAS.com / FITRI PRAWITASARI Pengunjung Menari Tor-Tor di Museum Hutabolon Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara
Dengan penetapan itu, diharapkan kawasan Danau Toba termasuk Samosir akan masuk dalam program nasional sehingga pemerintah pusat ikut dalam penyediaan berbagai infrastruktur kepariwisataan di daerah tersebut..

Danau Toba juga menjadi kandidat pemilihan Global Geopark Network oleh UNESCO. "Apabila terwujud, Danau Toba bukan hanya milik Samosir, tapi juga milik dunia," ujarnya .

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu melalui rekaman videonya yang ditayangkan dalam acara itu juga menekankan penerapan Sapta Pesona untuk menyukseskan tahun wisata Samosir.

"Mari bersama wujudkan keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan," kata Mari.

KOMPAS.com / FITRI PRAWITASARI Panorama Danau Toba dari Bukit Siulakhosa di Pulau Samosir, Sumatera Utara
Menparekraf mengatakan pembangunan kawasan Danau Toba akan menjadi prioritas karena segera ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Nasional sehingga Pemerintah Pusat akan memfasilitasi pengembangan Samosir.

Mari berharap langkah itu merupakan titik awal yang baik atau awal bangkitnya Danau Toba dan Samosir.

Bupati Samosir Mangindar Simbolon mengatakan bahwa pihaknya terus konsisten mengampanyekan peningkatan keramahan, kebersihan dan kejujuran bagi masyarakat agar Samosir menjadi daerah tujuan wisata utama di Sumut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com