Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eclair, Sajian Klasik Asal Eropa

Kompas.com - 14/03/2014, 10:34 WIB
Nicky Aulia Widadio

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comÉclair, makanan klasik asal Eropa ini menjadi suguhan yang pas untuk menikmati waktu santai. Sekali gigit, sensasi manis dan lembut langsung menyerbu, memberi rasa nikmat pada sang lidah. Penampilannya pun menarik mata, dengan hiasan topping yang bisa dikreasikan sesuka hati.

Tak perlu jauh-jauh ke Eropa untuk menikmati lezatnya éclair. Pengalaman kuliner khas Eropa ini bisa didapat di La Boutique Gourmande Hotel Le Meridien Jakarta.

Le Meridien sebagai hotel yang mengangkat budaya Eropa memulai kampanye globalnya untuk memperkenalkan éclair sebelum mengadakan grand launching pada pertengahan tahun nanti. Pada acara bertajuk New Perspective : Discover the Unexpected pada Rabu (12/3/2014), éclair dihadirkan sebagai merek yang diusung oleh jaringan hotel Le Meridien di seluruh dunia.

Éclair adalah makanan klasik yang sangat terkenal di Perancis dan Eropa,” ujar Manager Pemasaran dan Komunikasi hotel Le Meridien Jakarta, Arie Ardianti, di Club Lounge Hotel Meridien Jakarta.

KOMPAS.com/NICKY AULIA WIDADIO Eclair.

Menurut Arie, éclairdi Le Meridien  hadir dengan ukuran yang lebih besar dan perpaduan dengan cita rasa lokal. “Setiap Hotel Le Meridien diwajibkan memadukan éclair dengan cita rasa lokal. Di sini, kami memilih pandan,” tambah Arie.

Éclair dalam bahasa Perancis berarti kilatan cahaya. Nama ini diberikan karena bentuk éclair yang menjadi lebih bercahaya setelah diberi icing dan topping. Adonan éclair atau yang disebut dengan choux paste terbuat dari campuran tepung terigu, telur, mentega, dan air. Ketika dipanggang, bagian dalam adonan akan menjadi kopong sehingga bisa diisi krim.

Varian klasik dari éclair biasanya terdiri atas tiga rasa, yaitu coklat, vanila, dan moka. Sementara topping yang digunakan sungguh beragam. Mulai dari coklat, marshmallow, keju, hingga buah-buahan seperti raspberry dan pisang.

Selain menghidangkan éclair, hadir pula Eduardo Vastolo, barista asal Italia yang memamerkan keahliannya meracik kopi. Dengan suguhan kopi khas Italia, sensasi pengalaman kuliner khas Eropa pun kian terasa. Membawa imajinasi melayang ke Eropa. Membayangkan nikmatnya duduk santai di sebuah kafe ditemani lezatnya éclair berpadu dengan secangkir kopi panas. Selamat menikmati!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com