Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Banyuwangi Promosi Pariwisata di Yogyakarta

Kompas.com - 18/03/2014, 14:39 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi menggelar promosi pariwisata, Minggu (16/3/2014) lalu, di Hall Kasultanan Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Acara ini dipimpin langsung Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Pemkab Banyuwangi memboyong tim kesenian yang beranggotakan sekitar 50 penari untuk memeriahkan acara tersebut.

Dalam acara "Gathering Night in Jogja" ini, Disbudpar Banyuwangi mengundang para pelaku pariwisata di DIY, seperti pengusaha travel agent, perhotelan dan restoran di DIY, Kadinda DIY, BP2KY, dan lain-lain. Turut diundang Wali Kota Yogyakarta serta Bupati dari empat Kabupaten di DIY.

Acara ini sekaligus mempertemukan pelaku bisnis pariwisata di DIY dengan para pelaku pariwisata Banyuwangi. Diharapkan melalui 'Gathering Night in Jogja' ini akan terjalin kemitraan jangka pendek maupun jangka panjang dari para pelaku bisnis pariwisata DIY dan Banyuwangi.

WWW.BANYUWANGIKAB.GO.ID Pantai Pulau Merah di Banyuwangi, Jatim, yang menjadi salah satu rute Banyuwangi Tour de Ijen pada 2-5 November 2013.
Sejak tiga tahun terakhir, kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa ini sedang giat-giatnya membangun sektor pariwisata. Dari sisi infrastruktur, banyak investor  tertarik untuk membangun hotel dan obyek wisata serta melakukan promosi pariwisata di Banyuwangi.

Di bidang sarana perhotelan, tahun 2014 ini ada empat hotel berbintang  yang sedang dibangun dan diperkirakan akhir 2014 sudah mulai beroperasi, antara lain Hotel Santika dan Banana Resort.

Kegiatan gathering di Yogyakarta ini merupakan kegiatan yang ketiga kalinya digelar. Yogyakarta  dipilih sebagai tempat gathering di awal 2014 karena kota ini merupakan daerah tujuan wista utama di Indonesia selain Bali.

Tidak kalah dengan Yogyakarta, Banyuwangi juga memiliki beberapa destinasi wisata menarik, antara lain Pantai Plengkung atau G-Land yang dikenal sebagai surganya para peselancar. Banyuwangi juga memiliki Pulau Merah dengan hamparan pasir putih yang bersih dengan pemandangan pulau-pulai kecil di lepas pantai. Obyek wisata Kawah Gunung Ijen dengan blue fire-nya siap mencuri perhatian wisatawan.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Bandara Blimbingsari di Banyuwangi, Jawa Timur.
Saat ini penerbangan menuju Banyuwangi dilayani oleh Wings Air dari Surabaya. Kemudian pada April 2014, Garuda Indonesia akan beroperasi di Banyuwangi dengan menerbangi rute Denpasar-Banyuwangi-Surabaya. (Tribun Jogja/Gaya Lufityanti)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com