Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foie Gras, Sajian Lezat Penuh Kontroversi

Kompas.com - 18/03/2014, 18:38 WIB
Nicky Aulia Widadio

Penulis


KOMPAS.com
– Foie Gras, makanan asal Perancis ini dikenal sebagai makanan yang mewah dan lezat. Berbahan dasar hati angsa, foie gras memiliki cita rasa dasar yang begitu kuat. Namun, Chef Ryan Clift, koki ternama sekaligus pemilik restoran bernama Tippling Club di Singapura, tahu bagaimana menghidangkannya dengan sempurna.

Pada acara Singapore Secret Dinner yang diadakan Singapore Tourism Board (STB), Jumat (14/3/2014) di Restoran Moovina Jakarta, Chef Ryan Clift menghidangkan foie gras yang dipadukan dengan cherry, spiced wine, dan brioche. Tidak tanggung-tanggung, bahan-bahan tersebut dibawanya langsung dari luar negeri.

Foie Gras bertekstur sangat lembut karena memiliki kandungan lemak yang tinggi. Begitu dilahap, cita rasa yang sangat kaya meriah di lidah. Itulah mengapa Ryan menyajikan hidangan ini bersama cherry. Cherry ternyata mampu menetralisir kuatnya cita rasa foie gras. Sementara kehadiran spiced wine dan brioche di piring semakin menambah kenikmatan sajian mewah ini.

Di balik rasanya yang nikmat, Foie Gras ternyata mengundang kontroversi karena cara produksinya yang dinilai kejam. Sebelum dipotong, angsa-angsa tersebut diberi makan secara paksa (force feeding) menggunakan sebuah selang yang diarahkan langsung ke mulut angsa.

Tujuannya untuk menambah kadar lemak pada hati angsa. Selain itu, sebelum dipotong angsa-angsa tersebut juga dikurung dalam sebuah kandang dengan tujuan agar lemak di bagian hati semakin menumpuk. Lemak yang menumpuk ini yang membuat cita rasa Foie Gras menjadi begitu kaya.

“Jangan khawatir, Foie Gras yang saya sajikan tidak berasal dari angsa yang dikurung. Angsa-angsa itu dibiarkan bebas berkeliaran di sekitar kandangnya,” ujar Ryan menjelaskan asal muasal Foie Gras yang dihidangkannya.

Foie Gras ala Ryan bisa dinikmati di Tippling Club Singapura. Di sana, Anda bisa menikmati 30 sajian yang dihidangkan oleh Ryan seperti Snow Crab, Wagyu, dan lain-lain. Minuman yang diramu oleh bartender ternama, Zachary Connor de Git, pun siap menemani santapan Anda.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com