Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2014, 10:41 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Sudah sejak lama hotel-hotel di Bali biasanya mengeluarkan paket promosi dengan harga spesial menjelang Nyepi. Harga tersebut biasanya berlaku untuk menginap saat Nyepi berlangsung.

Ini merupakan momen yang tepat untuk berlibur ke Bali. Selain tarif menginap di hotel yang cenderung lebih murah, suasana Bali juga relatif tidak terlalu padat turis seperti saat liburan akhir tahun.

Namun perlu diingat, saat hari Nyepi yang tahun ini jatuh pada tanggal 31 Maret 2014, turis tidak boleh melakukan kegiatan di luar hotel. Jadi, selama 24 jam, turis harus berada di dalam hotel.

Bali akan menyepi, menghentikan segala aktivitas. Serta gelap di malam hari karena tidak boleh menyalakan lampu. Nah, sebelum memilih hotel mana yang cocok untuk Anda inapi untuk berlibur di Bali saat Nyepi, simak tips berikut.

Pilih daerah mana. Pertimbangkan daerah mana yang akan menjadi tempat Anda menginap. Apakah di selatan Bali seperti area Kuta-Legian, Seminyak, Jimbaran, Uluwatu, atau Nusa Dua?

Bisa juga daerah barat Bali seperti Tabanan atau Negara. Pilihan bisa pula jatuh di timur Bali seperti kawasan tepi pantai wilayah Karangsem, misalnya Amed dan Tulamben. Atau, daerah Klungkung seperti Nusa Lembongan.

Utara Bali juga bisa menjadi alternatif, misalnya daerah Lovina di Buleleng. Daerah tengah seperti kawasan Danau Batur di Bangli dan Ubud di Gianyar.

Cara menentukan daerah mana adalah dengan mempertimbangkan kondisi Bali seperti apa yang Anda cari. Jika senang keramaian, maka selatan Bali pilihan Anda.

WWW.FOURSEASONS.COM Restoran Sundara di Hotel Fourseasons Jimbaran Bali.
Untuk mendapatkan suasana Bali yang masih tradisional, coba pilih di luar selatan Bali. Beberapa hotel dan resor di Karangasem dan Tabanan menawarkan suasana privat yang sepi. Begitu pula beberapa hotel di Ubud.

Promo paket Nyepi. Setiap hotel berbintang dan resor di Bali umumnya memiliki paket menginap dalam rangka Nyepi. Paket ini biasanya terdiri dari menginap selama dua malam, sarapan, makan siang, dan makan malam.

Jangan kaget karena hotel mewah pun bisa memberikan harga spesial. Umumnya harga jadi lebih murah jika Anda memesan lebih dari dua malam.

Bandingkan harga. Bandingkan harga paket menginap satu hotel dengan hotel lainnya. Terutama di satu kawasan yang Anda incar.

Cari tahu tambahan apa saja yang Anda peroleh dari paket tersebut. Harga paket bisa saja sama, namun beberapa hotel juga menambahkan fasiltas tertentu dalam paket tersebut, misalnya gratis pijat.

Bandingkan pula harga paket hotel di suatu wilayah dengan wilayah lainnya. Kadang, hotel di luar selatan Bali menawarkan harga yang lebih murah.

Fasilitas hotel. Karena di hari Nyepi, Anda hanya berada di dalam hotel, cari tahu fasilitas apa saja yang tersedia. Misalnya spa, kelas yoga, kolam renang, pusat kebugaran, dan sebagainya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com