Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merayakan "India Holi Festival" di Ancol

Kompas.com - 22/03/2014, 11:07 WIB
Nicky Aulia Widadio

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyelenggaraan festival kebudayaan "Colours of India" ternyata bertepatan dengan perayaan "India Holi Festival". Saat "Colours of India" yang diselenggarakan pada 21 hingga 22 Maret 2014 di Pasar Seni Ancol ini, "India Holi Festival" diperkenalkan sebagai festival tahunan yang dirayakan untuk menyambut musim semi.

"Setiap tahun, hari perayaannya berbeda-beda tergantung kalender bulan," ujar Duta Besar India untuk Indonesia, Gurjit Singh, di Jakarta, Jumat (21/3/2014) malam.

Menurut Singh, "India Holi Festival" biasanya dirayakan dengan bersenang-senang. Mereka menyalakan api unggun dan melemparkan bubuk berwarna-warni sebagai tanda perpisahan kepada musim dingin. Bubuk-bubuk warna yang digunakan terbuat dari bahan tepung dengan pewarna alami.

"Warna-warni dari bubuk itu melambangkan keceriaan musim semi yang penuh warna," kata Singh.

Selain perayaan "India Holi Festival", diselenggarakan pula pameran kebudayaan India seperti tarian, musik, kerajinan tangan khas India, pemutaran film Bollywood, hingga demonstrasi yoga. Festival ini digelar mulai pukul 18.00 hingga 23.00 WIB pada tanggal 22-23 Maret 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com