Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obyek Wisata di Tobasa Belum Digarap Optimal

Kompas.com - 01/04/2014, 19:06 WIB
BALIGE, KOMPAS.com — Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, memiliki sejumlah obyek wisata potensial, tetapi hingga kini masih banyak yang belum tergarap optimal. "Padahal, jika pengelolaan berbagai obyek wisata potensial di daerah ini ditangani secara lebih optimal, diperkirakan memiliki peluang besar untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat," ujar Kabag Humas Pemkab Toba Samosir (Tobasa) Robintang Sitepu di Balige, Selasa (1/4/2014).

Juru bicara Pemkab Tobasa itu menyebutkan, Kabupaten Tobasa tidak hanya dianugerahi keindahan alam Danau Toba, tetapi juga keindahan kawasan pegunungan dan beberapa air terjun yang memiliki potensi wisata melimpah. Namun, belum semua dikenal masyarakat karena belum digarap secara optimal.

Contohnya, air terjun Siboruon dan Goa Liang Sipege di Kecamatan Balige serta obyek wisata "Mual Sirambe" yang legendaris sebagai habitat ikan Batak yang lazim disebut "ihan".

Selama ini, wilayah tersebut memang belum digarap optimal. Padahal, masyarakatnya menyatakan siap serta mengharapkan peran dinas terkait agar lebih serius menggarap potensi dimaksud.

Robintang memaparkan, melalui penggarapan yang optimal, diharapkan kawasan pegunungan air terjun Sampuran Siboruon dan Mual Sirambe dapat menjadi obyek wisata andalan, selain Danau Toba.

Ia mengatakan, dengan pembenahan infrastruktur dan berbagai sarana penunjang pariwisata, potensi besar itu akan memberi manfaat berarti bagi peningkatan penghasilan masyarakat setempat. "Kalau digarap lebih serius, kita optimistis industri pariwisata Tobasa akan berkembang lebih maju lagi," kata Robintang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com