Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cicipi Tahu Dimasak dalam "Clay Pot"

Kompas.com - 05/04/2014, 08:03 WIB
KOMPAS.com - Di negeri tirai bambu, terdapat teknik memasak dengan menggunakan mangkuk dari tanah liat atau clay plot. Dengan teknik ini diyakini dapat menghasilkan hidangan yang empuk dan kaya rasa.

Tertarik mencicipi hidangan yang dimasak dengan clay pot? Silahkan mampir ke Pandansari Restaurant. Restoran ini berada di Hotel Santika Premiere Jogja. Selama bulan April, restoran ini menawarkan promo "Clay Pot Fest".

Menu yang dimasak dengan mangkuk tanah liat adalah hidangan sapo. Selama masa promosi, restoran ini menyajikan menu sapo berbahan dasar daging sapi, ayam, aneka seafood, terung, sampai tofu sapo.
 
"Dari berbagai metode memasak, clay pot dikategorikan sebagai teknik device-based. Mulai dikenal pada zaman Roman kuno, metode memasak dengan menggunakan clay pot kini telah dilakukan di beberapa belahan dunia seperti Eropa, Asia Tenggara dan Asia Timur, termasuk China," ungkap Restaurant and Beverage Manager Hotel Santika Premiere Jogja Sulendra, dalam siaran pers yang diterima Kompas Travel, Kamis (3/4/2014).

Ia menambahkan metode memasak dengan clay pot menggunakan mangkuk dari tanah liat yang direndam dalam air untuk melepaskan uap saat proses memasak. Biasanya, clay pot direndam dalam air untuk beberapa saat agar airnya terserap sebelum mulai masak.

Kemudian makanan diletakkan di dalam clay pot dan dimasukkan ke dalam oven. Hal ini yang menjadikan teknik memasak dengan clay pot jauh lebih sehat. Saat clay pot hangat, uap air yang terserap akan mempertahankan cita rasa dan membuat tekstur makanan yang dimasak di dalamnya lebih empuk dan bumbu juga akan semakin terserap.

Selain itu memasak dengan clay pot tidak menggunakan banyak minyak, sehingga mengurangi lemak dan mengurangi resiko masakan menjadi hangus. Seperti halnya Chicken Sapo, potongan daging ayam yang dimasak langsung di dalam clay pot ditambah dengan bumbu spesial agar menghasilkan daging ayam yang empuk dengan berbalut bumbu yang lezat meresap hingga ke bagian dalam.

“Satu hal lagi yang memberi poin lebih dari cara teknik memasak menggunakan clay pot, yaitu nutrisi dalam masakan tetap terjaga dan menjaga aromanya semakin nikmat. Inilah yang membuat teknik memasak clay pot berbeda dengan metode memasak lain seperti menggoreng atau menumis,” tutur Public Relation Hotel Santika Premiere Jogja Nurul Mardhotillah.

Hidangan aneka clay pot bisa dicicipi mulai dari harga Rp 39.000 (nett) per menu. Promo ini berlangsung hingga akhir April 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com