Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali ke India? Simak Tips Ini

Kompas.com - 08/04/2014, 11:57 WIB
Nicky Aulia Widadio

Penulis

KOMPAS.com – Ingin berwisata ke India? Penulis buku Traveling Hemat Keliling India dan Nepal, Yuliani, memiliki beberapa tips untuk para traveler yang baru pertama kali ke India, berdasarkan pengalamannya berkeliling India dan Nepal selama dua bulan.

1. Jangan memberi tahu orang lain yang tidak dikenal bahwa Anda baru pertama kali ke India. Ini sama saja seperti memberitahu bahwa Anda tidak tahu apa-apa mengenai India sehingga terkesan mudah untuk dikerjai.

2. Jangan 100 persen mengikuti buku panduan traveling karena banyak informasi yang berubah dengan cepat. Sebaiknya cari informasi langsung dari penduduk setempat atau wisatawan yang sedang traveling. Jika ingin bertanya mengenai arah, ajukan lah pertanyaan setidaknya kepada tiga orang sehingga Anda bisa mempertimbangkan jawabannya.

3. Biasakan membayar dengan uang pas. Jika membayar dengan uang yang lebih dari harga, ada kemungkinan uang kembalian tidak akan diberikan.

4. Jangan ragu minta bantuan kepada pihak berwenang. Simpanlah nomor-nomor yang bisa dihubungi seperti pihak kepolisian setempat, kedutaan besar, atau tourism center.

5. Jalin pertemanan di setiap daerah yang Anda kunjungi supaya bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ada yang bisa membantu kita. Menjalin pertemanan juga bisa dilakukan sebelum sampai di tujuan melalui komunitas-komunitas yang menyediakan host family di berbagai negara tujuan, termasuk India.

6. Jika ingin bertanya kepada penduduk setempat, sapa mereka dengan  kata “Pak” atau “Ibu” agar mereka lebih mau membantu Anda. Menggunakan kata “Pak” atau “Ibu” memberi kesan bahwa Anda menghormati mereka.

Pelajari beberapa kata dalam bahasa India karena penduduk setempat akan lebih suka dan menghargai Anda bila bisa berbicara dalam bahasa India, walaupun hanya sepatah atau dua patah kata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com