Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Tidore Diminta Sadar Wisata

Kompas.com - 08/04/2014, 12:36 WIB
TERNATE, KOMPAS.com - Masyarakat Kota Tidore Kepulauan (Tikep) diminta menumbuhkan sadar wisata, sehingga pada akhirnya membentuk masyarakat maupun kelompok yang lebih besar dan memiliki kepedulian dan kesadaran tinggi terhadap pembangunan pariwisata di lingkungannya.

Wali Kota Tikep, Ahmad Mahifa di Ternate, Senin (7/4/2014), mengatakan, ada beberapa persoalan penting yang harus diselesaikan terkait pembangunan pariwisata di Kota Tidore Kepulauan, yakni potensi pariwisata di Kota Tikep masih banyak belum diketahui, dikelola dan dikembangkan dengan baik.

"Potensi masyarakat dalam mengelola kepariwisataan banyak yang belum tersalurkan sebagaimana mestinya," ujarnya.

Selain itu, kendala pada keterbatasan informasi untuk menjelajah, mengenali dan memanfaatkan sekaligus mempromosikan potensi pariwisata di daerahnya. Keempat, kebutuhan dan karakteristik yang khas dari masyarakat untuk mengelola potensi-potensi wisata di lingkungannya masing-masing.

Ahmad Mahifa berharap kegiatan ini mampu menggugah kesadaran membangun sektor kepariwisataan dan menjadikan Kota Tikep sebagai sektor andalan dan ikon destinasi wisata tersebar di Malut.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Festival Tidore 2013 di Kadaton Kie Kesultanan Tidore, Provinsi Maluku Utara.
Untuk itu, sosialisasi sadar wisata bertujuan memberikan masyarakat tentang pemahaman mengenai konsep sadar wisata dan Sapta Pesona sebagai unsur penting dalam pengembangan pariwisata. Sosialisasi ini akan mendorong peran aktif masyarakat, memberikan acuan bagi masyarakat dalam pengembangan kepariwisataan dan memberikan pengetahuan tentang tata cara berbusana adat Tidore dalam kegiatan adat dan budaya.

Pemkot Tikep menggelar Sosialisasi Sadar Wisata yang berlangsung selama satu hari. Acara tersebut dihadiri Wali Kota Tidore Kepulauan, Ketua Darma Wanita Kota Tidore Kepulauan, pimpinan SKPD dan diikuti oleh perwakilan dari masing-masing kelurahan/desa di wilayah pulau Tidore yang berjumlah 80 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com