Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cicipi Ketupat Sotong ala Terengganu

Kompas.com - 15/04/2014, 08:19 WIB
Ary Wibowo

Penulis

TERENGGANU, KOMPAS.com - Jika di Indonesia ketupat biasanya dibuat dari janur dan beras saja, lain halnya dengan di Terengganu. Di kota yang terletak di bagian pantai timur Malaysia itu, Anda akan menemukan ketupat yang dibuat dari sotong dan beras ketan.

Dari bentuk, ketupat sotong awalnya tampak hanya seperti sotong rebus biasa. Namun, jika Anda memotong bagian sotong tersebut maka akan terlihat perbedaan karena berisi beras ketan.

Ketupat sotong ini adalah salah satu makanan khas masyarakat Terengganu. Biasanya makanan tersebut dijadikan menu utama saat mereka merayakan Hari Raya Idul Fitri atau ketika mengadakan pesta besar.

"Ini adalah salah satu makanan khas (Terengganu). Setiap Idul Fitri , atau acara-acara besar makanan ini selalu dijadikan menu wajib," ujar salah satu warga Terengganu, Nahruddin Ali, kepada Kompas.com, Minggu (13/4/2014).

Pembuatan ketupat sotong ini pun tidak terlalu sulit. Sotong yang sudah dibersihkan dan dibuang bagian kepalanya menjadi kulit ketupat. Kemudian, beras ketan yang sudah matang, diisikan ke perut sotong.

Di bagian ujung sotong biasanya disematkan dengan lidi agar ketan tidak keluar. Setelah itu, sotong yang sudah diisi dengan ketan lalu dimasak kembali dengan santan kental yang diberi bumbu seperti bawang merah, garam, cabai, dan bumbu-bumbu lainnya.

Ketupat sotong disajikan tanpa tambahan lauk lainnya. Meski begitu, ketika Anda mencicipi makanan ini, rasa gurih dari santan serta manis dari ketan akan langsung terasa sejak gigitan pertama. Kulit sotong yang kenyal pun semakin bakal membuat lidah Anda bergoyang ria. (Ary Wibowo, dari Terengganu, Malaysia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com