Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ira Lathief Beri Kejutan dalam Peluncuran Bukunya

Kompas.com - 23/04/2014, 14:35 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyenangkan dapat melakukan apa yang kita cintai. Begitu lah pesan dari buku terbaru Ira Lathief, "Do What You Love, Love What You Do" terbitan Gramedia Pustaka Utama yang diluncurkan Senin (21/4/2014) di Taman Prasasti, Jakarta.

Ira seorang pemandu wisata, penulis dan juga creativepreneur yang memang tak biasa. Dalam peluncuran buku ke-15 ini pun ia mengemasnya dengan tak lazim.

Tak seperti peluncuran buku biasanya yang dilakukan dalam ruangan dan serius, kali ini Ira membuat undangan penasaran dengan mengemasnya dalam sebuah perjalanan wisata kejutan. "Saya akan tunjukkan apa yang menjadi minat saya dan betapa menyenangkannya. Sesuai dengan buku ini, tentang menjalani sesuatu berdasarkan kecintaan. Karena saya seorang pemandu wisata, jadilah seperti ini konsepnya," ungkapnya.

Ira terlihat semangat sekali hari itu. Mempengaruhi siapa saja yang dekat dengannya untuk mengikuti dengan senang hati. "Ini surprise tour, jadi nikmati saja perjalanannya tanpa tahu akan diajak ke mana," tambahnya dengan tawa saat sebuah Bus Wisata Jakarta muncul di hadapan para undangan.

Perjalanan pertama cukup menarik. Undangan diajak ikut Bus City Tour yang sedang menjadi transportasi primadona di ibu kota selama 40 menit lalu dilanjutkan dengan perjalanan rahasia kedua. Dari pelataran Museum Nasional, undangan diajaknya berjalan. "Sekitar 100 meter, kita sampai ke tempat kedua." ujarnya.

Ira, begitu cara ia mengenalkan dunianya pada siapa pun yang datang hari itu. Dalam perjalanan itu pun sesekali ia berhenti. dipandu oleh temannya, undangan dikenalkan lebih dekat dengan sejarah. Lalu 15 menit kemudian sampailah di sebuah tempat yang Ira sebut sebagai San Diego Hills-nya zaman kolonial Belanda yang ternyata Taman Prasasti.

"Banyak dari kita yang tinggal di Jakarta tapi belum tahu tempat ini, tempat ini merupakan salah satu tempat favorit saya di Jakarta. Taman yang tak hanya indah tapi cocok menjadi tempat kontemplasi," tuturnya.

Puncaknya setelah berjalan-jalan sebentar di Taman Prasasti dan berbagi cerita sejarah maka acara dilanjutkan dengan simbolis peluncuran buku. Dengan berseri Ira mengungkapkan isi buku yang ia selesaikan selama setahun ini.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Pelepasan burung dalam peluncuran buku
"Buku ini tentang sebuah kecintaan. Saya ingin berbagi tentang pentingnya mengikuti hasrat terdalam atau panggilan hati dalam berkarir ataupun menjalani hidup. Keberanian untuk mengikuti panggilan jiwa atau passion, berbanding lurus dengan kreativitas, kesuksesan dan kebahagiaan seseorang," jelasnya.

Ira, melalui bukunya memancing pembaca agar lebih berani mengeksplorasi dan melihat ke dalam diri, apa yang menjadi keinginannya. Untuk itu pula, lewat buku setebal 98 halaman ini ia juga berbagi soal kisah orang-orang yang menjalani karirnya dengan sepenuh hati, sesuai kecintaannya.

"Tak perlu takut mengikuti minat dan kecintaan. Saat kita fokus pada kecintaan dan melakukannya dengan sepenuh hati, uang akan mengikuti. Jadi jangan pernah takut keluar dari zona nyaman yang sekarang," tantangnya.

Gaya penulisan Ira yang cenderung sederhana dan singkat serta bubuhan grafis yang menarik menjadikannya tidak membosankan, buku ini juga dikemas dalam dua muka sedang dibagian tengah ada dua kartu pos yang dapat ditulis.

"Sengaja dibuat menarik dengan banyak grafis. Pertama untuk memudahkan kita berimajinasi, lalu kedua karena tak ada batasan umur untuk menikmati buku ini," tambah Ira.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com