Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta Kompas Minang Bike Selesaikan Etape Terberat Kelok 44

Kompas.com - 10/05/2014, 15:04 WIB
Sandro Gatra

Penulis


AGAM, KOMPAS.com - Setelah berjuang keras, peserta Minang Bike akhirnya menyelesaikan Kelok 44 di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Kelok 44 merupakan rute terberat dalam touring yang digelar Harian Kompas, Sabtu (10/5/2014).

Peserta memulai start di etape II dari Danau Maninjau sekitar pukul 08.00 WIB. Baru gowes sekitar 200 meter, peserta langsung berhadapan dengan tanjakan di kelok 1. Untuk diketahui, Kelok 44 merupakan jalur yang memiliki 44 belokan.

Dari kelok 1 sampai 44, jalur terus menanjak. Tanjakan paling ekstrem kemiringannya sampai sekitar 45 derajat.

Di awal etape, peserta masih gowes secara konstan. Lama kelamaan, sebagian besar ngos-ngosan. Semakin lama, ayuhan pedal semakin pelan. Jika paru-paru tak bersahabat, terpaksa berhenti. Tak sedikit yang mendorong sepeda ketika berhadapan tanjakan panjang.

"Paling kesal pas kelok 39, tanjakannya panjang. Nguras tenaga. Paling enak kalau keloknya pendek-pendek," ucap Mubarik (51), peserta asal Jakarta yang melibas Kelok 44 dengan sepeda lipat.

Selain tanjakan, para peserta mesti berhadapan dengan asap kendaraan yang menganggu pernafasan. Pasalnya, panitia tidak bisa melakukan sterilisasi jalan.

Narsis

Para peserta berhenti tak hanya sekedar istirahat. Tak sedikit yang berhenti untuk foto-foto. Pasalnya, kondisi alam sepanjang jalur indah dengan pemandangan perbukitan dan Danau Maninjau. Semakin tinggi, pandangan semakin luas.

Terakhir, mereka narsis di plang yang menunjukkan Kelok 44. Tak jauh dari kelokan terakhir, para peserta beristirahat dan makan siang. Etape II ini akan berakhir di Bukit Tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com