Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPI Peudada Jadi Daya Tarik Wisatawan di Bireuen

Kompas.com - 17/05/2014, 20:20 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com—Pesona Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Peudada, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen, Aceh, menarik minat wisatawan berkunjung ke Aceh khususnya Bireuen. Selain letaknya di pinggir jalan negara Banda Aceh-Medan, ramainya aktivitas pendaratan ikan setap harinya menjadi daya tarik tersendiri.

Kondisi itu disikapi serius pihak Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Bireuen bekerja sama dengan Direktorat Pengembangan Destinasi Wisata Kemenparekraf yang menggelar aksi Sapta Pesona menanam pohon untuk menciptakan kesejukan.

Bertempat di Kompleks PPI Peudada, mewakili Pemkab Bireuen, Asisten II, Muzakir Aziz, Kamis (8/5/2014), mendampingi Staf Ahli Kemenparekraf, Kusmayadi. Penanaman pohon dilakukan sebagai upaya menyongsong Visit Bireuen Year 2018 di pekarangan PPI Peudada.

Asisten II Pemkab Bireuen, Muzakkir Aziz, mengatakan banyak manfaat bisa dipetik mendukung Visit Bireuen ke depan, antara lain peningkatan pendapatan daerah dan perekonomian masyarakat. “Banyak harapan dari program yang dicanangkan jauh-jauh hari tersebut. Kita berharap masyarakat selaku penerima manfaat bisa memperbaiki perekonomian dari program dimaksud,” ungkap Muzakkir.

KOMPAS.COM/DESI SAFNITA SAIFAN Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Peudada, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen, Aceh.
Sementara itu, Kusmayadi, Staf Ahli Kemenparekraf mengharapkan, dalam pengembangan pariwisata di Aceh umumnya dan Bireuen khususnya tetap menjunjung tinggi wisata Islami yang sudah menjadi karakter masyarakat Aceh. Tidak hanya potensi wisata dan adat istiadat dimiliki yang diperlihatkan, namun juga keberadaan lembaga pendidikan keagamaan seperti pesantren juga menjadi titik wisata religius.

”Tidak hanya wisatawan lokal, wisatawan luar negeri seperti Malaysia, memiliki ketertarikan tersendiri terhadap pesantren-pesantren yang ada di Aceh khususnya Bireuen,” jelas Kusmayadi.

Dia menambahkan, aksi menanam pohon di PPI Peudada, merupakan salah satu bagian dari Sapta Pesona yakni menciptakan kesejukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com