Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menparekraf Berharap Makin Banyak Muncul Destinasi Wisata Baru

Kompas.com - 24/05/2014, 10:46 WIB
BANYUWANGI, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu berharap semakin banyak bermunculan destinasi wisata unggulan baru di berbagai daerah di Indonesia, sehingga pilihan paket wisata untuk turis mancanegara lebih beragam.

Selepas membuka kejuaraan "Banyuwangi International Surfing Competition 2014" di Pantai Pulau Merah, Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (23/5/2014) sore, Mari Pangestu mengatakan saat ini pasar turis mancanegara yang berkunjung ke Indonesia masih didominasi Bali.

"Padahal kita memiliki banyak destinasi wisata, seperti Banyuwangi dengan Kawah Ijen dan Pantai Pulau Merah. Letak Banyuwangi juga strategis, dari Bali dan Surabaya sama-sama dekat karena sudah ada penerbangan langsung," katanya.

Mari memuji inisiatif daerah seperti Kabupaten Banyuwangi dalam mengemas pemasaran pariwisata melalui berbagai kegiatan, seperti olahraga dan festival budaya.

ARSIP KYLOR MELTON Kylor Melton, seorang wisatawan asal Selandia, di Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur.
"Saya tahu Banyuwangi punya agenda pariwisata tahunan, seperti Banyuwangi Ethno Carnival, Festival Batik dan Beach Jazz Festival. Selain itu juga ada sport-tourism balap sepeda Tour de Ijen dan kejuaraan selancar," paparnya.

Menurut Mari, berbagai kegiatan pariwisata yang dikemas dengan sajian menarik tersebut akan mampu meningkatkan ketertarikan wisatawan lokal dan mancanegara, yang pada akhirnya mendongkrak tingkat kunjungan wisata.

Kemenparekraf, lanjut Mari, akan terus mendorong semakin banyak daerah untuk berinovasi mengembangkan sektor pariwisata dan memfasilitasi promosi wisata daerah.

"Prinsipnya, kita lihat komitmen dari daerah, apakah event wisatanya dari tahun ke tahun membaik, konsisten dan semakin kreatif. Contohnya Banyuwangi yang secara rutin menggelar kegiatan dan meningkat kualitasnya. Selain itu, juga ada media promosi berbasis Android yang bisa diakses dengan mudah," ujarnya.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisata Mangrove Blok Bedul di Banyuwangi, Jawa Timur.
Usai membuka kompetisi selancar, Mari Pangestu dengan didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyempatkan diri berjalan-jalan menyusuri hamparan pasir putih di pinggir Pantai Pulau Merah.

Dalam beberapa tahun terakhir, gerak ekonomi berbasis wisata di Kabupaten Banyuwangi terus tumbuh, baik di sektor perhotelan, restoran maupun jasa hiburan kebudayaan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, sektor kuliner yang terwakili dari sektor restoran mempunyai nilai tambah meningkat dari Rp 560,5 miliar pada 2011 menjadi Rp 654,4 miliar pada 2012.

Sektor perhotelan tumbuh dari Rp 286,6 miliar menjadi Rp 341,8 miliar, kemudian sektor jasa hiburan kebudayaan naik dari Rp 22,3 miliar menjadi Rp 26,2 miliar.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Pesawat Wings Air dan Garuda Indonesia di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (1/5/2014).
Adapun sektor kerajinan rakyat dari tekstil, barang kulit dan alas kaki menghasilkan kenaikan transaksi dari Rp 3,9 miliar menjadi Rp 4,7 miliar, sedangkan sektor kertas dan barang cetakan juga tumbuh dari Rp 155,2 miliar menjadi Rp 175,1 miliar.

"Dari angka-angka itu menunjukkan bahwa sektor pariwisata mampu menjadi penggerak berbagai sektor perekonomian di daerah. Oleh karena itu, kami akan terus mendorong pengembangan pariwisata," kata Abdullah Azwar Anas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com