Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Kudapan Manis Serba Pisang di Makassar

Kompas.com - 25/05/2014, 15:30 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

 

MAKASSAR, KOMPAS.com – Wisata kuliner di Makassar, Sulawesi Selatan, tak lengkap bila tak mencicipi kudapan manisnya. Bila anda yang berada d kota-kota besar lainnya, hanya tahu kudapan manis berbahan dasar pisang asal Makassar berupa Es Pisang Ijo saja maka anda perlu menggalinya lebih dalam. Karena, selain kudapan yang disebutkan tadi, masih banyak kudapan lainnya di Makassar yang berbahan dasar pisang dan wajib coba. Apa saja?

Es Palu Butung

Sedikit banyak menyerupai Es Pisang Ijo. Pisang yang digunakan dalam sajian ini adalah pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau, sama yang dipakai untuk Es Pisang Ijo. Hanya saja, potongan pisang ditaruh dalam bubur berwarna putih yang terbuat dari santan (sama dengan bubur sumsum). Sedang untuk bagian atasnya diberikan es serut dan susu kental  dan sedikit sirup.

Barongko

Masih berbahan dasar pisang, Barongko merupakan kudapan manis asal Bugis, Makassar. Barongko merupakan kue pisang yang diblender, dicampur dengan susu dan telur. Adonan tadi lalu dimasukkan dalam daun pisang untuk kemudian dikukus. Unik, lembut pisang dengan aroma susu kuat terasa sangat lezat di tiap potongan kue yang satu ini. Sajian ini bisa dinikmati dengan dua cara. Didinginkan terlebih dahulu atau dapat dinikmati begitu saja.

Pisang Epe

Yakni Pisang kepok yang dibakar di atas arang, uniknya konon dinamakan Pisang Epe karena cara memasaknya yang tak biasa. Pisang bakar tak diiris saat membakarnya. Pisang yang dipakai pun bukan pisang kepok yang sudah sangat matang atau terlalu lembek, tetapi pisang matang yang masih sedikit keras.

Setelah dibakar sebentar, pisang ditekan dengan alat pemipih dari kayu. Lalu setelahnya, pisang kembali dibakar, disajikan dengan tambahan gula merah, cokelat dan juga keju. Membuat kudapan ini terasa begitu lezat. Bila datang ke Makassar, jangan lupa mencobanya. Gerobak para penjaja Pisang Epe berada di tiap tiga meter sepanjang tepi Pantai Losari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com