Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Liburan ke Sabang...

Kompas.com - 07/06/2014, 11:05 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Lagu terkenal "Dari Sabang Sampai Merauke" membawa kota dan pulau di ujung Pulau Sumatera ini begitu tenar. Tak hanya itu, Kota Sabang juga menjadi salah satu destinasi favorit di Indonesia, terutama bagi para pelancong penggemar wisata bahari.

Pulau terbesar di Sabang adalah Pulau Weh yang juga "rumah" bagi ibu kota Kota Sabang. Tentu ke Sabang tak lengkap berkunjung ke pantai-pantainya yang cantik. Cobalah mampir ke Pantai Kasih. Pantai ini dekat dengan pusat kota, cukup berjalan kaki tak sampai sejam. Ada pula Pantai Sumur Tiga yang juga dekat dengan pusat kota.

Atau, sekadar berkeliling di Kota Sabang menggunakan sepeda maupun sepeda motor. Sebab, jalanan aspal begitu mulus dan uniknya tanpa lampu lalu lintas. Lalu mampirlah ke kedai kopi untuk menikmati kopi panas.

Selanjutnya bisa ke sebuah bukit di Sabang. Di sini, Anda bisa melihat panorama lepas gugusan pulau di sekitar Pulau Sabang. Wajib kunjungi Tugu Kilometer 0 sebagai bukti Anda pernah menginjak kota terbarat dari Indonesia. Pengunjung yang bertandang ke tugu ini akan diberikan sertifikat.

DOK INDONESIA.TRAVEL Kota Sabang di Pulau Weh, Aceh.
Di Pulau Weh, salah satu pantai andalannya adalah Pantai Iboih. Pantai ini ramai oleh wisatawan dan masyarakat lokal. Ada beberapa penginapan di pantai ini. Begitu pula kafe dan restoran. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari pusat kota.

Dari Pantai Iboih, wisatawan biasa diajak menyeberang ke Pulau Rubiah untuk menyelam atau snorkeling. Ada beberapa titik penyelaman di kawasan ini. Umumnya wisatawan menginap di Iboih, lalu menyelam di kawasan Pulau Rubiah. Apalagi ada taman laut di Pulau Rubiah.

Seperti Pantai Iboih, salah satu pantai favorit untuk turis lainnya adalah Pantai Gapang. Di pantai ini juga tersedia beberapa penginapan. Selain itu, turis juga biasa menyelam atau snorkeling di laut sekitaran Pantai Gapang.

Selain Pulau Rubiah dan Pulau Weh, ada pula Pulau Rondo dan Pulau Seulako. Pulau Seulako cocok sebagai tempat penyelaman sebab ada kapal masa Perang Dunia II yang karam di kawasan ini. Sementara Pulau Rondo disebut sebagai pulau terdepan. Di tempat inilah terdapat tugu nol kilometer yang sesungguhnya.

SERAMBI/HARI TEGUH PATRIA Sejumlah wisatawan menumpang speed boat menuju titik diving dan snorkeling di Pulau Weh.
Untuk sewa kapal maupun perlengkapan snorkeling bisa didapat di jasa penyewaan yang berada di Pantai Iboih atau Pantai Gapang. Akomodasi juga banyak tersedia di kawasan ini. Sementara itu, akses menuju Sabang bisa dicapai melalui Banda Aceh.

Dari Pelabuhan yang berada di Banda Aceh, bisa naik kapal feri maupun kapal cepat. Tergantung apakah Anda membawa mobil sewaan sejak dari Banda Aceh. Lama perjalanan mengarungi laut tak sampai satu jam.

Akses masuk Banda Aceh dari luar provinsi bisa melalui jalur udara. Dari Bandara Sultan Iskandar Muda bisa naik taksi, becak motor, maupun mobil sewaan. Tentu jika Anda datang bersama keluarga atau rombongan, paling enak dengan mobil sewaan. Jadi, liburan mendatang, agendakan wisata Anda ke Sabang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com